Harumkan Nama Sulbar, Mutmainnah Berangkat Tanpa Bantuan Pemerintah

Gambar Harumkan Nama Sulbar, Mutmainnah Berangkat Tanpa Bantuan Pemerintah

Mapos, Mamuju – Mengukir prestasi adalah harapan setiap insan manusia. Apalagi membawa nama provinsi pada ajang yang akan dipertandingkan adalah suatu kebanggaan provinsi itu sendiri. Dukungan dan andil pemerintah sangatlah dibutuhkan.

Namun berbeda yang dirasakan oleh Mutmainnah (24). Ia terpilih sebagai peserta Puteri Indonesia mewakili Duta Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). Sayangnya, pihak dari Pemerintah Provinsi Sulbar tak memberikan dukungan serta bantuan kepadanya. Sangat miris.

Setelah melalui audisi yang diadakan oleh Yayasan Puteri Indonesia bersama dengan Mustika Ratu. Iin sapaan akrabnya, terpilih mewakili Provinsi Sulawesi Barat.

Iin akan bertanding memperebutkan Mahkota Puteri Indonesia dari 34 peserta di provinsi lainnya di Indonesia.

Penilaian audisi tersebut berdasarkan moto yang selalu diusung oleh Puteri Indonesia, yakni beauty, brain dan behavior. Mereka tidak hanya berpenampilan menarik dan di atas rata-rata, tapi juga memiliki pendidikan yang bagus, begitupula kepribadiannya yang diterapkan YPI bekerjasama dengan Mustika Ratu.

Usaha untuk meminta dukungan dan support dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat kandas. Harapkan Iin tak berbuah manis, Pemprov menolaknya entah dengan alasan apa.

Semestinya, pemerintah harus bangga. Ada peserta yang mewakili Sulawesi Barat pada ajang nasional ini.

Iin bukanlah anak pejabat, bukan pula dari keluarga yang beradah. Iin hanya memiliki tekad kuat untuk bisa membawa nama Provinsi Sulbar dalam ajang Puteri Indonesia 2019, memgharumkan nama Provinsi Sulbar. Itulah harapannya.

Dari lima peserta yang mengikuti audisi Puteri Indonesia perwakilan Provinsi Sulbar, semuanya dinyatakan gugur hasil dari penilaian YPI. Setelah melalui penyaringan yang ketat, Iin lah yang terpilih.

Bangga bercampur syukur terpatri di hatinya. Untuk mempersiapkan segalanya, Iin sendiri, berkreasi sendiri tanpa ada dukungan dari pihak yang memikili andil di Provinsi Sulawesi Barat.

Semangat Iin terus berkobar, berkat support dari teman-teman Iin, termasuk dari salah satu Non Govermental Organization (NGO), yakni dari Professor Art Produc (PAP), Fatmawati Arisuddin.

“PAP akan terus memberikan support kepada Iin, walaupun tanpa dukungan dari Pemerintah Provinsi Sulbar,” kata Fatmawati. Selasa (12/2/2019).

Jelas Fatmawati, ini bukan soal menang dan kalah, tentunya Sulbar harus berbangga hati karena ada perwakilan mereka dalam ajang bergengsi ini yang siap memperkenalkan potensi-potensi yang ada di Provinsi Sulbar.

“Bukan dengan menutup ruang bahi Iin,” ujarnya.

Sementara itu, saat ditemui, Iin berkisah, dirinya sempat putus asa tanpa ada dukungan dari Pemerintah Sulbar. Namun, rasa itu berangsur-angsur hilang, berkat adanya dukungan penuh dari teman-teman di PAP.

“Semangat itu akhirnya kembali bangkit,” tutur Iin.

Iin mengatakan, walaupun dirinya tak mendapatkan dukungan dan support dari Pemerintah Sulawesi Barat, ia bertekad akan tetap mengharumkan nama Provinsi Sulbar.

“Tekad dan semangat itu muncul berkat dukungan dan support dari PAP termasuk mereka yang peduli sama saya,” sebutnya.

Perlu diketahui, ajang Puteri Indonesia, seluruh peserta yang terpilih akan mulai di karantinakan pada tanggal 23 Februari – 8 Maret 2019, di Asrama Puteri Indonesia.

Sebelumnya, Yayasan Puteri Indonesia bersama dengan Mustika Ratu kembali mengadakan ajang pemilihan Puteri Indonesia tahun ini. Ajang tersebut bertujuan untuk memilih duta Indonesia pada kegiatan-kegiatan internasional.

Audisi Puteri Indonesia telah mencapai tahap akhirnya. Sekitar 50 wanita yang terpilih dari tiap provinsi di Indonesia mengikuti tahap akhir penilaian tersebut. Audisi tersebut dilaksanakan di Graha Mustika Ratu, Pancoran, Jakarta Selatan.

Penilaian audisi tersebut berdasarkan moto yang selalu diusung oleh Puteri Indonesia, yakni beauty, brain dan behavior. Mereka tidak hanya berpenampilan menarik dan di atas rata-rata, tapi juga memiliki pendidikan yang bagus, begitupula kepribadiannya.

Dari 50 terpilih, satu diantaranya merupakan perwakilan dari Provinsi Sulawesi Barat.

Berikut data Mutmainnah (Iin)

1. Nama lengkap : Mutmainnah, akrabnya disapa Iin.

2. Lahir di Makassar, 24 Agustus 1994

3. Pendidikan S1 manajemen STIM NITRO Makassar

4. Pekerjaan, Bussiness Manager di salah satu perusahaan Pialang Cabang Kota Makassar

5. Hobby, Travelling, bakat, nyanyi dan menari

Berikut ajang yang pernah diikuti,

1. The Winner Icon GTC Mall 2012

2. TSM Icon 2013

3. Runner up 3 Puteri Indonesia Sulbar 2014

4. Runner Up 1 Top Model Sulsel 2014

5. Puteri Kamtibmas Polda Sulselbar 2015

6. Runner Up 1 Duta Bandara Sulsel 2017

7. Grand Finalis Stuvo 2017

(usman)

Baca Juga