Hari Ini Pendaftaran PPK Pasangkayu Via Online Resmi Dibuka

Gambar Hari Ini Pendaftaran PPK Pasangkayu Via Online Resmi Dibuka

Mapos, Pasangkayu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasangkayu resmi mengumumkan tahapan pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasangkayu Tahun 2020.

Itu berdasarkan pengumuman nomor : 006/PP.04.2-Pu/7601/KPU-Kab/I/2020 tentang seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasangkayu Tahun 2020.

“Hari ini tepatnya Rabu 15 Januari 2020 KPU Pasangkayu resmi membuka tahapan perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Ini sesuai dengan amanat PKPU nomor 16 tahun 2019 tentang perubahan atas PKPU nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal Pemilihan Gubernur & Wakil Gubernur, Bupati & Wakil Bupati dan/atau walikota & wakil walikota tahun 2020,” terang anggota KPU Pasangkayu Heriansyah.

Sementara untuk pertama kalinya dan pertama di Sulbar, KPU Pasankayu melakukan perekrutan anggota PPK via online. Pendaftar dapat langsung mengunjungi website https://kpupasangkayu.id. Karena baru pertama, KPU Pasangkayu juga menyertakan file tutorial pendaftaran via online ini.

Tahapannya sendiri bakal berlangsung selama sebulan yakni dari 15 Januari hingga14 Februari mendatang.

Tahapannya, pengumuman pendaftaran 15 hingga 17 Januari, penerimaanh berkas 18 hingga 24 Januari, penelitian administrasi 25 hingga 27 Januari, pengumuman hasil penelitian adminstrasi 28 hingga 29 Januari, seleksi tertulis 30 Januari, dan tahapan wawancara 8 sampai 10 Februari.

“Hasil seleksi PPK ini kemudian akan diumumkan selama tujuh hari (15 s/d 21 Februari) dan menerima tanggapan masyarakat, klarifikasi, dan penggantian calon PPK terpilih juga selama tujuh hari (t22 s/d 28 Februari) setelah itu pengambilan sumpah atau pelantikan dilaksanakan serentak 29 Februari, sesuai dengan surat edaran KPU RI Nomor : 2254/PP.04.2-SD/01/KPU/XII/2019,” jelas Heriansyah.

Sambung dia, saat ini seluruh staf KPU Pasangkayu telah menyasar 12 Kecamatan untuk membawa pengumuman/informasi pendaftaran PPK ini. Dipublikasi dikantor Camat, Kantor Desa/Kelurahan dan tempat-tempat yang mudah diakses oleh masyarakat sekaligus melakukan simulasi singkat terkaiy tatacara registrasi online.

Disebutkan terkait pendaftaran berbasis online ini, merupakan bentuk inovasi KPU Pasangkayu dalam memudahkan mereka yang berminat menjadi PPK.

“Kita menginginkan semua orang mengetahui proses pendaftaran dan terbuka bagi semua orang untuk berpartisipasi,” tambah Ketua KPU Pasangkayu Syahran Ahmad.

(hasnur)

Baca Juga