Gempa Bumi Sulbar Dinyatakan Bencana Nasional

0
454

Mapos, Mamuju — Gempa bumi yang menghantam Kabupaten Majene dan Mamuju dengan kekuatan 6,2 SR pada Jum’at (15/01/2021) dini hari menyisakan duka bagi masyarakat setempat.

Tercatat, korban meninggal akibat gempa tersebut mencapai 42 orang dengan rincian 34 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan 8 orang di Kabupaten Majene.

Sementara 189 orang lainnya mengalami luka berat di Kabupaten Mamuju dan 637 orang di Kabupaten Majene mengalami luka ringan serta kurang lebih 15.000 orang mengungsi di sejumlah titik pengungsian.

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

Dalam hasil pertemuan dengan Menteri Sosial dan Kepala BNPB, Komando Operasi Penangan Bencana SulBar, Brigjend Firman menyebut, gempa bumi di Sulbar dinyatakan dalam Status Bencana Nasional.

Untuk itu Komando Opreasi Bencana Sulbar akan membentuk organisasi lengkap yang terdiri dari Devisi Pengungsian, Devisi Medis, Devisi Logistik, Devisi Evakuasi dan Penyelamatan.

Sementara titik pengungsian berpusat di Stadion Manakarra dan Posko Induk akan dibangun di Lapangan Belakang Kantor Gubernur.

Pada posko pengungsian juga disiagakan komandan compleks, dapur umum yang dipusatkan di  stadion. Semua Relawan dan LSM dari berbagai daerah akan di bawah kendali komando operasi.

Selain itu, juga disiagakan helikopter operasi satu uniit untuk Gubernur Sulbar.

Dalam pertemuan tersebut juga ditekankan untuk memastikan operasi penyelamatan jiwa terus berjalan dan tidak ada warga yang kelaparan.

(ipunk)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.