Gelar Operasi Hunting, Polisi Tindak Tegas Knalpot Racing

Gambar Gelar Operasi Hunting, Polisi Tindak Tegas Knalpot Racing

Mapos, Mamuju – Kepolisian Resort Metro Mamuju menggelar razia sistim hunting kendaraan roda dua dengan knalpot bising atau knalpot racing. Warga yang terkena razia diminta mengganti knalpot.

Ps. Kanit Dikyasa Polres Metro Mamuju Aipda Suharto mengatakan, operasi sistim hunting tersebut digelar di beberapa titik jalan utama, Kamis (28/2/2019). Antara lain, jalan Abd. Wahab Asasi, jalan Sultan Hasanuddin, jalan Jenderal Sudirman dan di sekitaran wilayah kota Mamuju.

Razia knalpot suara bising diawali dari banyaknya aduan masyarakat. Selain itu, satuan lalu lintas Polres Metro Mamuju juga telah mendapat intruksi langsung dari Kapolres untuk menertibkan kendaraan bersuara bising itu.

“Demi menjaga suasana yang kondusif, knalpot racing banyak dikeluhkan masyarakat, karena suaranya begitu bising di telinga, apalagi kalau sudah masuk ke jalan raya atau gang sempit pasti sangat mengganggu warga,” tuturnya.

Kendaraan knalpot racing yang berhasil dijaring Polres Metro Mamuju

Atas dasar itu, belasan personel dari satuan lalu lintas Polres Metro Mamuju kini rutin menggelar oprasi razia knalpot racing di tempat. Tak hanya ditilang, knalpot racing juga bakal dimusnakan dengan cara dipotong, dan meminta pemilik motor untuk segera mengganti dengan knalpot standar.

“Imbauan sudah kita lakukan. Karena itu, saat ini sudah mulai tindakan tegas,” ucapnya, Kamis (27/2/2029).

Lebih lanjut ia menerangkan, operasi tersebut akan digelar rutin. Khususnya di area ramai kendaraan atau jalur utama. “Razia ini akan kami gelar setiap hari sesuai perintah dari Kapolres,” ucapnya.

Dia mengatakan, dari operasi hunting ini, sebanyak lima pelanggar diberi sanksi tilang.

“Rata-rata pengendara yang kena sanksi tilang dibawah umur,” sebutnya.

Selain menindak knalpot racing, juga didapati beberapa pengendara tanpa dilengkapi surat-surat kendaraan, baik, SIM, STNK serta tanpa kaca spion, plat kendaraan dan tak menggunakan helm.

(usman)

Baca Juga