DPKPP Mamasa Tanggap, Langsung Sambangi Pasangan Lansia di Gubuk Reot

Gambar DPKPP Mamasa Tanggap, Langsung Sambangi Pasangan Lansia di Gubuk Reot

Mapos, Mamasa — Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan (DPKPP) Mamasa, dengan tanggap langsung bertandang ke rumah pasangan lasia Pappa dan Maryam yang tinggal dalam gubuk reot di Desa Osango Kecamatan Mamasa Kabupaten Mamasa, Rabu (15/01/2020).

Kunjungan tersebut sebagai respon Pemkab Mamasa, setelah sehari sebelumnya kisah pasangan lansia tersebut ramai diberitakan media.

Rombongan DPPKP Mamasa dipimpin Kepala Dinasnya, Daud Tandi Arruan. Tiba di lokasi sekitar pukul 09.00 wita dan melihat langsung gubuk reot yang dihuni pasutri tua bersama seorang cucu dan cicitnya.

Daud Tandiarruan mengatakan, gubuk hunian lansia tersebut sangat layak untuk dibantu.

“Terlepas dari apakah pasangan mereka sudah pernah mendapat bantuan sebelumnya. Tetapi setelah melihat langsung kondisi yang bersangkutan, maka sangat layak dan harus dibantu,” ungkap Daud.

Oleh sebab itu, pihaknya akan berusaha untuk memberikan bantuan perumahan yang layak untuk pasangan lansia tersebut. Walaupun diakui bahwa ada sedikit kendala pada soal atministrasi yang bersangkutan. Namun ia memastikan hal itu tidak akan menghalangi lansia tersebut untuk mendapatkan bantuan bagunan perumahan yang layak huni.

“Kita berupaya untuk tidak melanggar aturan. Dan itu tugas kami untuk memastikan orang tua ini tetap akan menerima bantuan, apapun caranya,” tegas Daud.

Setelah kunjungannya tersebut, Daud berjanji akan sesegera kordinasikan dengan pemerintah Desa dan Bupati Mamasa untuk segera ada langkah mengupayakan bantuan.

“Entah itu bentuknya sumbangan sukarela, yang penting ini kita bantu dulu sambil menunggu bantuan perumahan lewat Dana Alokasi Khusus (DAK) yang ada di DPKPP,” katanya

Sementara itu, Pemerintah Desa Osango melalui Kaur Keuangan, Marthen mengatakan, pihaknya siap membantu seluruh proses pengurusan administrasi yang diperlukan.

“Kami selaku pemerintah desa siap membantu pengurusan surat-surat yang dibutuhkan untuk kelancaran bantuan yang akan diberikan ke keluarga orang tua ini,” katanya.

Marthen juga menyebutkan bahwa keluarga lansia tersebut telah terdata dalam daftar usulan penerima bantuan perumahan melalui DPKPP

“Sudah masuk daftar usulan penerima bantuan perumahan dari pemerintah. Jadi kalau anggarannya sudah cair, maka sudah pasti orang tua ini juga akan mendapatkan bantuan perbaikan rumah,” tutup Marthen.

(anis)

Baca Juga