Dosen Unsulbar Ciptakan Inovasi Pengasapan Ikan Terbang

0
25

Mapos, Majene — Satu langkah maju dan patut mendapat apresiasi, karena para pengajar pada Program Studi (Prodi) Perikanan Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) telah menciptakan inovasi teknologi pengasapan ikan terbang.

Usai melakukan uji coba pengasapan ikan terbang bersama warga, Sabtu (25/07/2020) kemarin, salah seorang Dosen Prodi Perikanan Unsulbar, Reski Fitria mengatakan, invovasi yang dibuat bersama rekan-rekannya adalah untuk kepentingan warga.

Teknologi pengasapan ikan yang dia buat katanya, hanya menggunakan bahan dasar drum yang dirangkai hingga mirip sistem pengasapan oven dengan biaya pembuatan kisaran Rp1,5 juta.

“Satu unit rangkaian seperti ini sanggup mengasapi 300 ekor ikan dalam sekali pengasapan. Keunggulannya, asap yang sebenarnya merusak kesehatan setidaknya bisa dikurangi dan kematangan ikannya juga baik,” ungkap Reski Fitriah.

Dikatakan, pihaknya akan terus meningkatkan kerja sama dan bermitra dengan masyarakat. Tujuannya, untuk meningkatkan produktifitas demi kesejahteraan warga pesisir di Kelurahan Mosso, Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene.

Teknologi pengasapan ikan ciptaaan sejumlah dosen Perikanan Unsulbar tersebut disambut baik oleh warga setempat.

Seorang warga, Nurmawati berharap, program pengabdian kepada masyarakat ini dapat terus dikembangkan.

“Teknologi ini sangat bagus karena asap yang ditimbulkan tidak seberapa jika dibanding pengasapan konvensional. Kita berharap teknologi yang diciptakan dosen-dosen Unsulbar dapat lebih ditingkatkan dan dikembangkan,” harap Nurmawati.

(*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.