Ditengah Wabah Covid-19, Kabid Humas Polda Sulbar Himbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan dari Kejahatan

Gambar Ditengah Wabah Covid-19, Kabid Humas Polda Sulbar Himbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan dari Kejahatan

Mapos, Mamuju – Kabid Humas Polda Sulbar AKBP Syamsu Ridwan menghimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap tindak kejahatan. Baik perampokan dan pencurian yang memanfaatkan isu pandemi virus corona atau covid-19. 

“Faktanya memang masih banyak tindak kejahatan yang terjadi ditengah pandemi covid-19. Dengan modus isu virus corona atau covid-19,” tutur Kabid Humas, Kamis (23/04/2020).

Disebutkan, faktornya cukup banyak. Diantaranya adalah lumpuhnya mata pencaharian. Di wilayah lain, katanya, sudah ramai dibicarakan dimana para pelaku melakukan aksinya dengan mendatangi rumah-rumah warga dan menawarkan penyemprotan untuk memberantas corona.

“Hasilnya bukan malah terbebas dari wabah corona, malah harta ludes diambil maling berkedok petugas kesehatan gadungan. Himbauan ini kami sampaikan agar masyarakat di Sulbar berhati-hati dan lebih waspada agar tidak menjadi korban kejahatan,” katanya.

Syamsu pun mengutip pesan Bang Napi. Yakni ‘Kejahatan tidak terjadi hanya karena adanya niat tapi juga karena adanya kesempatan, maka waspadalah’.

Meski di Sulbar sendiri modus ini belum ada kejadian, namun Syamsu tetap mengimbau masyarakat agar lebih waspada dengan ancaman kejahatan.

Diungkapkan, tips mengetahui petugas sebenarnya dan pelaku kejahatan sederhana saja. Tinggal meminta identitas dan surat tugas. Selain itu, tingkah para pelaku biasanya mencurigakan dan nampak janggal.

“Seyogyanya kejahatan tidak akan terjadi jika kita saling peduli dan saling mengingatkan. Adanya peluang para pelaku kejahatan karena kita cuek dan hanya mementingkan diri sendiri,” tandas Kabid Humas.

(*)

Baca Juga