Dinas ESDM Sulbar Dampingi Komisaris PT Pertamina Retail Kunjungi Lokasi Pengembangan Infrastruktur

Mapos, Mamuju — Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) diwakili Pejabat Fungsional Inspektur Ketenagalistrikan Ahli Muda Farid Asyhadi bersama OPD terkait, melakukan pendampingan Komisaris PT. Pertamina Retail Mualimin Abdi melakukan kunjungan ke beberapa tempat atau lokasi melihat langsung infrastruktur energi Sulbar khususnya terkait Bahan Bakar Minyak (BBM) dan potensi investasi pengembangan usaha sektor BBM di Sulbar, Sabtu, 02/03/2024.

Komisaris PT. Pertamina Retail datang di Sulbar bersama timnya, yaitu Ardhi Widodo, Ira Hidayana, Muh. Farizan Zakiri, Paulus Daniel dan Athika Maulina.

Pejabat Fungsional Inspektur Ketenagalistrikan Ahli Muda Dinas ESDM Sulbar, Farid Asyhadi menyampaikan, kehadiran Komisaris PT. Pertamina Retail beserta timnya di Sulbar untuk melihat secara langsung infrastruktur sektor energi dan potensi investasi pengembangan usaha sektor energi di daerah ini.

“Sebagaimana petunjuk dari Kepala Dinas ESDM Sulbar, Moh. Ali Chandra kepada kami, untuk mendampingi Komisaris PT. Pertamina Retail, Bapak Mualimin Abdi, dalam mengunjungi sejumlah lokasi yang memiliki potensi untuk pengembangan infrastruktur sektor energi, seperti di jalur Arteri Mamuju, sekitar Pelabuhan Palipi Majene, dan Pelabuhan Bakengkeng Mamuju,” ujar Farid.

Sementara, Komisaris PT. Pertamina Retail, Mualimin Abdi menyampaikan, sebelumnya pihaknya telah mengadakan pertemuan dengan Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh.

“Bapak Pj. Gubernur Sulbar secara penuh mendukung investasi serta pengembangan infrastruktur sektor energi di Sulbar. Ini termasuk pembangunan Depo BBM, SPBU Umum dan SPBU Nelayan untuk memenuhi kebutuhan BBM masyarakat,” ungkapnya.

Mualimin mengatakan, Sulbar merupakan daerah transit bagi kendaraan dari provinsi lain, terlebih provinsi ini berada dekat dengan persiapan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur yang dampaknya dapat memberikan peningkatan ekonomi di Sulbar.

Mualimin mengungkapkan, ada beberapa titik yang direkomendasikan Pemprov Sulbar dan memiliki potensi untuk pengembangan investasi usaha, seperti di jalur Arteri Mamuju, sekitar Pelabuhan Palipi Majene, dan Pelabuhan Bakengkeng Mamuju.

Melihat Pelabuhan Palipi Majene, Komisaris PT. Pertamina Retail menilai tempat tersebut sangat strategis untuk pembangunan Depo dan SPBU Umum. Menurutnya, hal itu dikarenakan lokasi tersebut merupakan aset milik Pemprov Sulbar dengan luas mencapai 7 hektar, dan telah dilengkapi dengan fasilitas rest area untuk melayani masyarakat yang menggunakan jalur Trans Sulawesi yang sangat ramai.

Ia menambahkan, PT. Pertamina Retail sebagai bagian dari Sub Holding Commercial dan Trading PT. Pertamina Patra Niaga terus berupaya mencapai rencana jangka panjang, yang bertujuan untuk menjadi perusahaan ritel energi nasional kelas dunia melalui semangat Satukan Energi Melayani Negeri.

“Kami berkomitmen terus memberikan pelayanan terbaik dan menyatukan energi untuk keberlanjutan serta terus berupaya memperluas penyebaran jaringan SPBU di seluruh wilayah Indonesia,” ucapnya.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulbar Suyuti, Kepala UPTD Pelabuhan Palipi Majene Maula Rahmat, Kepala Bidang Barang Milik Daerah BPKPD Sulbar Andi Muhammad Bisyri Nur dan Pejabat Fungsinal Perencana Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Jasmin.

(*/adv)

error: Maaf... ! Web ini di Protek yaaa...