Difasilitasi Polda Sulbar, Puluhan Wartawan Gelar Deklarasi Damai

Mapos, Mamuju – Puluhan wartawan se Mamuju menghadiri acara deklarasi damai. Mereka sepakat menolak segala bentuk kekerasan, ujaran kebencian, dan segala macam bentuk adu domba yang dapat memecah belah bangsa.

Acara ini dikemas dalam coffee morning yang digelar oleh Polda Sulbar di warkop Puang, jalan Urip Sumarjo, Kelurahan Rimuku, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulbar, Jumat (2/2/2018).

Puluhan wartawan dan Polda Sulbar pada acara Coffee Morning.

Hadir Kabid Humas Polda Sulbar, AKBP Hj. Mashura, Dir Intel Polda Sulbar Kombes Pol Heri Susanto, Dir PAM Obvit Polda Sulbar Kombes Pol Iksan dan puluhan wartawan.

Hadir juga para pimpinan masing-masing media.

AKBP Hj. Mashura menjelaskan acara ini merupakan aksi kepedulian menuju Sulbar yang aman dan damai. Deklarasi damai merupakan wujud dari kebersamaan kita semua yang menginginkan kedamaian. Hal-hal negatif yang mengancam persatuan dan kesatuan di Sulbar tidak boleh mendapat tempat di wilayah hukumnya.

“Jangan ada pihak-pihak yang membuat situasi kamtibmas di Sulbar tidak nyaman. Saya dan jajaran akan menindak tegas siapa pun yang membuat situasi di Sulbar tidak kondusif,” ujarnya.

Dia berjanji, Polda Sulbar akan terus bekerja memberi rasa aman bagi seluruh warga.

Selain itu, Dir Intel Polda Sulbar Kombes Pol Heri Susanto mengatakan, di acara deklarasi damai ini, semua bersepakat untuk menangkal peredaran informasi yang tidak benar atau hoax. Dia juga menegaskan tidak akan segan-segan melakukan penindakan kepada oknum penyebar hoax.

“Adanya informasi hoax atau tidak benar ini sangat mengkhawatirkan dan bisa mengancam kesatuan. Kami tidak akan segan-segan melakukan penindakan jika ada bukti-bukti kuat,” ujarnya.

Selain itu, Ia mengajak semua komponen untuk menciptakan rasa aman dan damai.

“Sebentar lagi di dua Kabupaten di Sulbar yakni Polman dan Mamasa akan menggelar pesta demokrasi. Mari kita sama-sama ciptakan rasa aman dan damai itu,” tuturnya.

Puluhan awak media membacakan Deklarasi Damai.

Di acara coffee morning itu serta dirangkaikan dengan deklarasi damai ini, seluruh pimpinan media dan wartawan membuat pernyataan sikap. Ada tujuh poin yang disepakati, yakni:

1. Kami wartawan Indonesia akan senangtiasa mendukung terciptanya rasa aman dan damai
2. Kami wartawan Indonesia, bekerja berdasarkan moral dan etika profesi
3. Kami wartawan Indonesia, senangtiasa berpegang teguh pada kepentingan publik dan tidak memanfaatkan profesi untuk kepentingan pribadi
4. Kami wartawan Indonesia, akan selalu bersikap independen, menghasilkan berita yang akurat dan berimbang
5. Kami wartawan Indonesia, menghormati hak narasumber tentang kehidupan pribadinya
6. Kami wartawan Indonesia, menolak keras berita HOAX, SARA, dan yang ingin memecah belah kehidupan berbangsa dan bernegara
7. Kami wartawan Indonesia, menjunjung tinggi dan mengutamakan nilai nilai budaya serta kearifan lokal yang ada.

Berikut Video Deklarasi Damai 

 

(usman)

Baca Juga