Danrem 142/Tatag: Posisi TNI Netral di Pilkada

0
17

Mapos, Mamuju – Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P memberi pengarahan kepada seluruh personel TNI dan PNS Korem 142/Tatag serta Persit dil apangan Tammajarra Korem 142/Tatag setelah acara senam bersama. Jumat (04/12/2020).

Sambil duduk bersila diantas rumput hijau seluruh personel mendengarkan secara seksama arahan Danrem 142/Tatag tentang situasi dan kondisi saat ini menjelang hari H Pemilihan Kepala Daerah dalam suasana pandemi covid-19.

Di wilayah Korem 142/Tatag terdapat 4 Kabupaten di Sulawesi Barat yang akan melaksanakan pesta demokrasi. Oleh karena itu Danrem 142/Tatag memberi penekanan tentang posisi TNI dalam pesta demokrasi yang secara serentak akan digelar pada tanggal 9 Desember 2020.

TNI merupakan alat pertahanan Negara berdiri diatas semua golongan. Lahir dari Rakyat, untuk rakyat dan berjuang bersama Rakyat. Oleh karenanya menghadapi Pilkada saat ini TNI senantiasa berada dalam posisi Netral.

“Tidak berpihak dan tidak membantu salah satu kontestan,” tegas Danrem dihadapan personel TNI, PNS Korem 142/Tatag dan Persit.

Dia menambahkan, arahan pimpinan TNI sangat jelas tentang netralitas TNI. Yang netral dalam kehidupan Politik dan tidak melibatkan diri dalam politik praktis.

“Prajurit TNI tidak menggunakan hak pilih dalam Pilkada. Oleh karena itu jangan ada yang coba-coba personel Korem 142/Tatag bersama jajaran mempengaruhi masyarakat untuk memilih salah satu calon dalam Pilkada,” tegasnya.

Danrem 142/Tatag juga menekankan bahwa TNI dilarang untuk menjadi tim sukses salah satu calon apalagi menjadi juru kampanye.

“Apa bila ada personel TNI yang melanggar dari penekanan diatas tentunya ada konsekuensi yang harus diterima,” tandasnya.

Namun untuk Persit, katanya, silahkan memilih karena merupakan hak individu. Meski tetapĀ  dilarang untuk mengarahkan dalam memilih.

Danrem pun menghimbau kepada seluruh prajurit TNI dalam jajaran Korem 142/Tatag khususnya yang akan melaksanakan Pilkada agar mempedomani buku saku netralitas TNI. Dan senantiasa menjaga ketertiban serta keamanan diwilayah, hindari terjadinya konflik antar pendukung baik sebelum pelaksanaan maupun setelah usai pilkada.

“Siapapun yang terpilih itu adalah bagian dari demokrasi yang harus dihormati dan dipatuhi oleh seluruh masyarakat,” terang Danrem 142/Tatag.

Jaga diri dan Keluarga wabah covid 19 belum usai, tingkatkan imun tubuh agar tetap sehat dengan rajin berolah raga dan konsumsi makanan yang bergizi.

(*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.