Cegah Laka, Polsek Karossa Pasang Spanduk Imbauan

Gambar Cegah Laka, Polsek Karossa Pasang Spanduk Imbauan

Mapos, Mateng – Berbagai cara dilakukan Polsek Karossa untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di jalan raya. Salah satunya dengan memasang spanduk imbauan di jalur rawan kecelakaan.

Spanduk tersebut berguna mengingatkan para pengendara roda dua dan empat agar tetap berhati-hati.

Kapolsek Karossa, Iptu Mukhtar Mahdi menyatakan, kawasan yang terpasang spanduk imbauan merupakan daerah yang dianggap rawan laka lantas.

“Spanduk dipasang agar para pengendara dapat berhati-hati dan peletakannya disesuaikan dengan angle atau sudut pandang pengguna jalan. Dengan begitu, akan terlihat bahwa ada peringatan. Dengan demikian, pengendara lebih berhati-hati dan mengurungkan niat untuk melanggar markah jalan, kebut-kebutan, atau ugal-ugalan di jalan raya,” katanya, Selasa (16/7/2019).

Mukhtar menyampaikan, pemasangan spanduk imbauan itu bertujuan menegakkan disiplin berlalu lintas dan menekan angka laka lantas di jalur tersebut. “Selama ini, di jalur tersebut memang tidak sering terjadi kecelakaan. Namun penting untuk saling mengingatkan,” sebutnya

Selain memasang spanduk, pihaknya juga memberikan imbauan kepada pengguna jalan berkaitan dengan keselamatan lalu lintas.

Mukhtar menambahkan, pengendara yang menggunakan kendaraan pribadi harus memastikan tunggangannya dalam kondisi baik.  Pengendara tidak berkendara jika sedang mengonsumsi obat. Dilarang mengonsumsi alkohol dan menggunakan alat komunikasi saat berkendara.

Yang terpenting, pengendara harus menggunakan perlengkapan kendaraan seperti sabuk pengaman untuk kendaraan roda empat dan helm untuk kendaraan roda dua. Upaya-upaya itu harus dilaksanakan sebaik-baiknya untuk mencegah terjadinya laka lantas di jalan raya.

“Kami mengimbau agar pengendara mengetahui jarak terpendek dan meng-update informasi tentang wilayah yang akan dilewati,” tukasnya.

Mukhtar juga menyampaikan agar ada upaya yang baik dari Pemda Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), dengan memasang rambu-rambu lalu lintas.

“Rambu yang muda dilihat khususnya pada malam hari yang terbilang sangat kurang apalagi jalan berbelok belok dan pengunungan,” tutup Mukhtar.

(usman)

Baca Juga