Bupati Mateng Harap OPD Respon Harapan Masyarakat

Gambar Bupati Mateng Harap OPD Respon Harapan Masyarakat

Mapos, Mateng – Musrembang merupakan rangkaian dari proses perencanaan pembangunna yang termuat dalam Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) yang menjadi bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Memengah Daera (RPJMD) Mamuju Tengah 2016-2021. Olehnya itu, Bupati Mateng, H. Aras Tammauni berharap agar Kepala OPD bisa mengawal dan merespon dengan baik harapan masyarakat yang diusulkan melalui Musrembang.

Harapan itu disampaikan Bupati saat Musrembang tingkat Kecamatan Topoyo, RKPD Kabupaten Mateng tahun 2020, Selasa (5/3/2019).

Musrembang yang berlangsung di halaman kantor Camat Topoyo mengangkat tema “Pemantapan Kesejahteraan Masyarakat dan Penguatan Ketahanan Budaya Daerah” dan dihadiri oleh Wakil Bupati Mateng, H. Muh. Amin Jasa, Ketua DPRD Mateng, H. Arsal Aras, Sekkab Mateng, H. Askary, Para Asisten Setda Mateng, Para Staf Ahli Bupati Mateng, Para Kepala OPD Lingkup Pemkab Mateng, Pabung Kodim 1418 Mamuju, Kapolsek Topoyo, Camat Topoyo dan Kepala Desa Se Kecamatan Topoyo.

“Saya tekankan agar usulan dan kegiatan yang akan dilaksanakan harus berdasarkan skala prioritas berupa pemenuhan standar pelayanan minimal, yang berikutnya adalah pencapaian visi misi Kabupaten Mateng yang disebut Gerbang Delapan sebagaimana termuat di dalam dokumen RPJMD serta pelaksanaan urusan pemerintahan yang dilaksnakan oleh masing-masing perangkat daerah,” ujar H. Aras dalam sambutanya.

Musrembang yang dilaksanakan ini Kata Bupati, merupakan proses perencanaan dengan pendekatan Botton Up atau pendekatan dimana masyarakat berperan aktif dalam memberikan gagasan dan masukan akan proses pembangunan ke depan khususnya di Kabupaten Mateng.

“Harapan besar bagi kita semua untuk bisa mengawal pembangunan Mamuju Tengah ke depannya, pemerintah harus bisa hadir di tengah-tengah masyarakat dan kehadiran tersebut bisa benar-benar dirasakan oleh masyarakat melalui pembangunan untuk peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, peningkatan kesempatan kerja, pertambahan lapangan usaha, peningkatan akses dan kualitas pelayanan publik serta daya saing daerah sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan kita,” terangnya.

Bupati katakan, program yang diusulkan masyarakat melalui musrembang ini maupun yang menjadi program kegiatan strategis masing-masing perangkat daerah, harus menunjukkan konsistensi dan sinkronisasi dengan dokumen perencanaan di tingkat Kabupaten, Provinsi hingga Nasional.

“Untuk itu saya menghimbau khususnyya kepada seluruh pimpinan perangkat daerah atau OPD, agar mengawal dan merespon dengan baik harapan masyarakat yang diusulkan melalui musrembang ini,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Mateng, Ishaq Yunus menyampaikan, untuk memenuhi ketentuan Pasal 94 ayat 3 Peraturan dalam negri nomor 86 tahun 2017, Penyusunan RKPD adalah pelaksaan Musrembang Kabupaten di Kecamatan,

“Musrembang Kecamatan yang dilaksanakan adalah merupakan implementasi dari proses perencanaan pembangunan daerah yang menggunakan pendekatan Atas Bawa dan Bawa Atas, dari hasil perencanaan yang diselenggarakan dalam musyawarah pembangunan yang dilaksanakan mulai dari Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga pada tingkat Nasional,” terang Ishaq Yunus.

Ishaq Yunus jelaskan, Musrembang kecamatan bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan Desa, yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah diwilayah kecamatan, selanjutnya kegiatan prioritas diwilayah kecamatan mengacu pada RKPD Kabupaten.

“Rencana kerja yang kita susun saat ini adalah merupakan penjabaran dari RPJMD 2016-2021 yang memiliki prioritas program pembangunan, Pemenuhan pencapaian standar pelayanan minimal, Pencapaian Visi dan Misi Bupati, Pelaksanaan urusan pemerintahan yang dilaksanakan oleh OPD,” ujarnya.

“Prioritas pembangunan yang akan kita laksanakan diarahkan pada, Pembangunan ekonomi kerakyatan berbasis kawasan agropolitan dan sistem agribisnis, Pengelolaan kebudayaan daerah, pembamgunan dan pelayanan pendidikan, Pembangunan dan pelayanan kesehatan, Penataan ruang dan pengelolaan lingkungan,” sambungnya.

Dia berharap agar Musrembang ini menghasilkan daftar usulan program kegiatan yang dapat menjawab permasalahan pembangunan yang ada di masyarakat, pembangunan yang diusulkan harus betul-betul yang sifatnya prioritas dan mendesak dan dibutuhkan oleh masyarakat, Mendukung pencapaian visi misi bupati serta yang mendukung pencapaian dan pemenuhan pelayanan minimal.

(usman)