Bupati Mateng Ajak Masyarakat Berperan Aktif Berikan Gagasan Demi Pembangunan

Gambar Bupati Mateng Ajak Masyarakat Berperan Aktif Berikan Gagasan Demi Pembangunan

Mapos, Mateng – Suksesnya pembangunan disuatu daerah tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama masyarakat dalam mensukseskan program pembangunan. Olehnya itu, Bupati Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), H. Aras Tammauni mengajak masyarakat untuk beperan aktif dalam memberikan gagasan dan masukan dalam proses pembangunan khususnya di Kabupaten Mateng.

Hal itu disampaikan oleh H. Aras saat Musrenbang tingkat Kecamatan Pangale yang dipusatkan di Desa Lamba-lamba, Senin (11/3/2019).

Selain mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam memberikan gagasan dan masukan, Bupati juga mengajak masyarakat untuk tetap bersatu dan bekerjasama untuk mensukseskan pembangunan khususnya di Kabupaten Mateng.

Karena menurutnya, jika masyarakat tidak bersatu dan bekerjasama, maka program pemerintah dalam hal proses percepatan pembangunan di Kabupaten Mateng tidak akan bisa terrealisasi.

“Musrembang yang dilaksanakan ini merupakan proses perencanaan dengan pendekatan Botton Up atau pendekatan dimana masyarakat berperan aktif dalam memberikan gagasan dan masukan akan proses pembangunan ke depan khususnya di Kabupaten Mateng,” ucap Bupati.

Bupati sampaikan, usulan kegiatan harus dipastikan bukan menjadi kewenangan desa atau kegiatan yang telah menjadi rencana yang termuat di dalam APBDes, sehingga tidak terjadi tumpang tindih kegiatan. Adanya penambahan sebesar Rp 10 persendari APBD untuk dana desa diharapkan mampu dikelola oleh pemerintah desa dengan penuh tanggung jawab dan benar-benar berdasarkan prioritas kebutuhan masyarakat yang ada di desa, dengan memperhatikan sinkronisasi dengan kebijakan dan arah pembangunan kabupaten.

“Program yang diusulkan masyarakat melalui musrembang ini maupun yang menjadi program kegiatan strategis masing-masing perangkat daerah, harus menunjukkan konsistensi dan sinkronisasi dengan dokumen perencanaan di tingkat Kabupaten, Provinsi hingga Nasional,” ungkapnya.

“Untuk itu saya menghimbau khususnyya kepada seluruh pimpinan perangkat daerah atau OPD, agar mengawal dan merespon dengan baik harapan masyarakat yang diusulkan melalui muarembang ini,” pesan Bupati.

Jelang pesta Demokrasi 17 April mendatang yaitu Pileg dan Pilpres, Bupati juga berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mateng agar senantiasa menjaga ketertiban, keamanan, dan kedamaian selama pelaksanaan pemilu.

“Gunakan dan manfaatkan hak saudara dengan sebaik-baiknya, karena suara kita akan menentukan perjalanan bangsa dan daerah yang kita cintai ini,” pungkasnya.

(usman)

Baca Juga