Bupati Majene Lantik Pengurus Cabor Gateball

  • 15 Nov 2018
  • Olahraga
  • R Fajar Soenoe
  • 41
Gambar Bupati Majene Lantik Pengurus Cabor Gateball

Mapos, Majene – Bupati Majene Fahmi Massiara melantik dan mengukuhkan pengurus Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Cabang Majene periode 2018-2022, di lapangan Makodim 1401 Majene, Kamis (15/11/2018).

Bupati Majene Fahmi Massiara melantik Pengurus Pergatsi Majene di Lapangan Makodim 1401 Majene foto : ist

“Di Majene sudah memiliki Cabor baru bernama gateball dan Dinas PUPR Majene sebagai koodinator,” tutur Fahmi Massiara.

Cabor gateball, katanya diharapkan dapat mewakili Majene pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulbar mendatang.

Dikatakan, gateball direncanakan dapat bertanding pada Porprov III Sulbar saat ini, namum tidak dapat diikutkan karena pendaftar cabor ini hanya dua peserta, sedangkan aturannya minimal tiga peserta baru bisa dipertandingkan.

“Pada kesempatan ini yang bisa dilakukan adalah eksebisi saja,” katanya.

Gateball merupakan olahraga beregu menggunakan palu, yang mirip dengan permainan croquet yang cepat dan tidak ada kontak fisik antar pemain, memerlukan akurasi dan perencanaan serta penerapan strategi yang tinggi sehingga gateball dikatakan sebagai “highly stragic game“.

“Gatebal dapat dimainkan dari berbagai kalangan, tanpa memandang usia atau jenis kelamin dan sampai saat ini, dimainkan sebanyak 10 juta orang dari 17 Negara yang tersebar di Australia, Amerika dan Asia termasuk di Indonesia,” jelas Fahmi Massiara.

Lebih jauh katanya, gateball masuk ke Indonesia melalui pulau Bali sekitar tahun 1994 silam, dan peminat permainan terus bertambah hingga menyebar keberbagai kota hingga ke pelosok Indonesia termasuk Sulbar dan Majene.

“Cabor gateball, notabene belum banyak dikenal masyarakat kita, namun sudah dipertandingkan diberbagai ajang bertaraf nasional dan internasional, sehinga diharapkan menemukan bibit berbakat yang dapat mengharumkan nama daerah dan bangsa di kancah Internasional,” paparnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Majene Darmansyah, Dandim 1401 Majene Letkol Inf Ragung Akbar, Sekkab Majene And Achmad Syukri Tammalele, Ketua Pergasti Sulbar, Ketua KONI Majene, Pengurus Petgasti Cabang Majene, serta para atlit dari Majene dan Mamuju.

(ipunk)