Bupati H. Aras Paparkan Kondisi Wilayah Kabupaten Mateng

Gambar Bupati H. Aras Paparkan Kondisi Wilayah Kabupaten Mateng

Mapos, Mateng – Dihadapan Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen H. Surawahadi, Dandim 1412 Kolaka, Letkol Kav Amran Wahid, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XIV Hasanuddin, Endang Surawahadi, Bupati Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), H. Aras Tammauni paparkan kondisi wilayah Kabupaten Mateng.

Pemaparan kondisi wilayah Kabupaten Mateng tersebut disampaikan saat Kunjungan silahturahmi dan ramah tamah dengan Pemkab Mateng dan masyarakat Kabupaten Mateng yang berlangsung di kedaiaman pribadinya di Desa Tobadak l, Kecamatan Tobadak Kabupaten Mateng, Kamis (14/2/2019) malam.

Mengawali sambutannya, Bupati Mateng sampaikan atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Mateng mengucapkan selamat datang bapak Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Surawahadi, bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XIV Hasanuddin, Endang Surawahadi di Kabupaten Mateng.

“Atas nama Pemkab Mateng mengucapkan banyak terimakasih atas kunjungan Pangdam XIV HSN ke Kabupaten Mateng. Ini sebuah anugrah karena jarang pejabat yang datang kelapangan untuk silahturahmi dengan masyarakat sekaligus bermalam di Kabupaten Mateng,” ucap H. Aras.

H. Aras sampaikan, Kabupaten Mateng adalah kabupaten baru, daerah tertinggal dan daerah transmigrasi. Tapi alhamdulillah berkat kerjasama yang baik dengan semua stakeholder mulai dari masyarakat sampai dengan TNI-Polri, insya allah Kabupaten Mateng akan mampu melampaui daerah lain yang ada di Sulbar.

“Ketertinggalan kami ini, kami akan kejar dan kami akan upayakan Kabupaten Mateng ini menjadi contoh di Provinsi Sulbar walaupun kita ini daerah kabupaten baru,” ungkapnya.

“Kabupaten Mateng termasuk indonesia mini, sebab selain dihuni bebagai suku, etnis agama, Kabupaten Mateng juga ada sekitar 200 KK warga luar negeri yakni masyarakat Timor-Timor. Semua hidup rukun, tentram dan damai,” sambungnya.

Soal keamanan kata H. Aras, Keamanan di Kabupaten Mateng sangat kondusif, ini semua betkat kerjasama semua pihak. Mulai dari masyarakat, pemerintah, TNI dan Polri. Karena setiap ada masalah di tengah masyarakat, diselesaikan dengan jalan musyawarah.

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi menyampaikan bahwa Ini merupakan kunjungan pertama ke Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, pasca menjabat sebagai Pangdam XIV/Hasanuddin pada 23 Juli 2018 yang lalu.

Lanjutnya, ini merupakan suatu kebanggaan bagi dirinya karena dapat berkunjung ke Kabupaten Mateng dapat mendengar dan melihat langsung kemajuan dan kondisi didaerah ini, terutama personil TNI.

“Teryata di daerah ini Kabupaten Mateng, hanya ada satu Koramil tentu kita dapat membanyangkan sebanyak 22 anggota TNI, Danramil harus ikut membantu dalam mengamankan 350 TPS, untuk Pileg dan Pilpres nanti, tapi saya percaya di Kabupaten Mateng ini sesuai dengan apa yg disampaikan oleh Bupati Insya Allah, aman, damai, tentram dan mencapai tujuan sasaran apa yang diharapkan, karna masyarakatnya juga turut membantu dalam menjaga keamanan di daerah ini,” ucapnya.

Pangdam menambahkan, untuk Koramil akan di tambah personel karena untuk di bentuk satu kodim harus ada 5 koramil, dan ini menjadi perhatian dan prioritas.

“Kami berharap, kebersamaan persatuan kesatuan keanekaragaman bukan jadi penghalang, jadi persoalan tetapi betul-betul menjadi pengikat atau perekat untuk membangun bangsa terutama daerah Mateng yang disebut sebagai indonesia mini. Jaga persatuan dan kebersamaan jelang Pemilu agar apa yang menjadi harapan kita bersama bisa terwujud. Saya juga menitip pesan kepada Korem dan jajarannya agar tetap bisa memastikan daerah ini aman,” ungkapnya.

Untuk diketahui, kunjungan Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI H. Surawahadi, bersama dengan rombongan didampingi Letkol Arh Muh. Imran ( kasrem 142/Tatag ), Dandim 1412/KLK, Letkol kav Amran Wahid, Dandim 1418 Mamuju Letkol inf. Jamet Nijo, Mayor Czi. Yanfri Satria Sanjaya (Kasi Intel Korem 142/Tatag) serta Ibu Ketua Persit KCK Koorcab Rem 142 Ny. Atik Teddy Danarto.

(usman)