Bupati Fahmi Launching BLT kepada Warga Desa Buttu Baruga

  • 11 Mei 2020
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 261
Gambar Bupati Fahmi Launching BLT kepada Warga Desa Buttu Baruga

Mapos, Majene — Sebagian masyarakat miskin dan hampir miskin di tengah pandemi Covid-19 merasa lega. Pasalnya, pemerintah telah membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada mereka, Senin (11/05/2020).

Direlease oleh Kasubag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Majene, Sufyan Ilbas, launchig penyaluran BLT DD oleh Bupati Majene Fahmi Massiara di Desa Buttu Baruga, dihadiri oleh Dandim 1401 Majene, Letkol Inf Yudi Rombe, Kadis. PMD, Andi Amriana Chareani, Kepala BKAD Kasman Kabil, Kadis Sosial Majene, M Jafar, Kepala BPBD, Ilhamsyah, Kepala Bapeda, Andi Adlina Basharoe, Camat Banggae Timur, Jamaluddin L dan Camat Banggae.

Dalam laporannya, Kepala Desa Buttu Baruga, Arifin menyebut, meski pekerjaan warga setempat kebanyakan petani dan peternak, namun juga tak luput terpengaruh pada penghasilannya akibat pandemik Covid-19.

“Warga kami dominan petani dan peternak. Sekarang mereka juga sangat merasakan dampaknya. Hasil tani dan ternak sulit dipasarkan oleh mereka,” kata Arifin.

“Banyak warga kami yang ada di rantau sudah pada berdatangan, karena di rantau saudara-saudara kami sudah tidak lagi punya pekerjaan, sehingga tiba di kampung juga belum dapat pekerjaan, sehingga kami ambil kesimpulan bahwa 100 persen warga kami butuh BLT DD selain yang sudah dapat bantuan lainnya, dan bukan berprofesi sebagai PNS, TNI ataupun Polri,” tambahnya.

Ia menyebut, jumlah penerima bantuan BLT DD Desa Buttu Baruga sebanyak 101 KK.

Kami juga sudah membagikan masker, tempat cuci tangan dan penyemprotan disinfektan. Warga yang baru masuk ke desa langsung dikarantina selama 14 hari. Kita sudah siapkan 4 posyandu yang sangat layak untuk ditempati karantina,” kata Arifin.

Pada kesempatan sama, Bupati Majene Fahmi Massiara mengatakan, BLT yang dibagikan hari ini adalah kepada warga yang tidak dapat bantuan dari pusat.

“Ini yang khusus adalah berasal dari Dana Desa, sesuai mekanisme yang ada, maka pihak desa dapat mengeluarkan sebagian Dana Desa untuk dibagikan. Ada 3 kali waktu pembagian yaitu Mei – Juni – Juli,” kata Fahmi Massiara.

Ia tak lupa mengapresiasi pemerintah Desa Buttu Baruga karena telah mengeluarkan dana DD nya sesusai amanat undang-undang.

“Dan Alhamdulillah, semua warganya terpenuhi. Saya harap warga yang sudah terima BLT dapat memanfaatkan uangnya dan membelanjakannya kepada hal yang betul-betul menjadi kebutuhan dasar rumah tangga, terutama untuk makan sehari-hari bersama keluarga di rumah,” kunci Fahmi Massiara.

Pada saat yang sama, Bupati Fahmi turut memberikan bantuan vitamin B1, B12, dan vitamin C kepada semua penerima BLT DD.

(*)