BPS Sulbar Gelar Workshop Jurnalistik

BPS Sulbar Gelar Worshop Jurnalistik

BPS Sulbar Gelar Worshop Jurnalistik

Mapos. Mamuju – Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Barat menggelar Workshop Jurnalistik dengan tema “Menginterpretasi Data Strategis BPS Sulbar”.

Workshop jurnalistik dipandu oleh Direktur utama Sulbar Express Naskah M Nabhan. Sabtu,(23/09/2017).

Pelaksanan workshop dilaksanakan di aula kantor BPS Sulbar lantai 2, jalan Martadinata No. 10 Simbuang Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Penjelasan tentang data statistik macro dari kacamata Jurnalis telah dijelaskan oleh Narasumber.

Menurutnya, dalam membuat Berita data Statistik, refesensi dalam penulisan berita harus memenuhi kriteria sumber dan kejadian. Bukan hanya itu saja, setiap penulisan mesti berpatokan kepada 5W+1H (1S+2E) agar pemberitaan tidak dikatakan Hoax.

Lanjut disampaikan, media dan BPS ibarat dalam satu tubuh tak bisa dipisahkan, media sangat berperan mempublikasikan setiap informasi yang terjadi seputaran hasil survey lingkup BPS agar diketahui semua kalangan masyarakat,  begitupun sebaliknya, BPS sangat membutuhkan peran media untuk mempublikasikan setiap hasil data surveynya.

Ia mencontohkan, dalam penulisan Konsep kemiskinan Macro, dari kacamata jurnalis selalu berpatokan kepada 5W+1H (1S+2E), berbeda dari kacamata BPS sendiri. Untuk mengukur kemiskinan,  BPS menggunakan kebutuhan dasar (basic needs opproach). BPS sendiri memiliki perhitungan yang sesuai dengan apa yang telah menjadi dasar perhitungannya atau rumus tersendiri.

Usai workshop, para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya seputar BPS.

Adapun peserta workshop jurnalistik terdiri dari 20 media dan 25 Pegawai BPS.

(MP02)