BPJamsostek Sulbar Bagikan 20.035 Kartu Peserta Jaminan Sosial dan Penanaman Terumbu Karang di Pulau Karampuang

Gambar BPJamsostek Sulbar Bagikan 20.035 Kartu Peserta Jaminan Sosial dan Penanaman Terumbu Karang di Pulau Karampuang

Mapos, Mamuju – Panggil kami “BPJamsostek”. Begitu tema dari kegiatan customer gathering yang diadakan BPJS Ketenagakerjaan (BPJS-TK) Cabang Sulawesi Barat, yang kini berubah nama menjadi BPJamsostek dengan motto lebih dekat, lebih akrab, melayani dengan baik.

Kegiatan yang dilaksanakan di Pulau Karampung itu, turut dihadiri Wakil Gubernur Sulbar, Hj. Enny Anggraeni Anwar, Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Maluku, Toto Suharto, dan Kepala BPJS-TK Cabang Sulbar, Iman M Amin.

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Maluku, Toto Suharto, didampingi Kepala BPJS-TK Cabang Sulbar, Iman M Amin, menyerahkan terumbu karang kepada Wakil Gubernur Sulbar, Hj. Enny Anggraeni Anwar di atas dermaga kepada penyelam, di lepas Pantai Pulau Karampuang.

Proses konservasi ini dibantu oleh penyelam bersertifikat dari Kandora Dive Center.

“Kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan BPJS-TK Sulbar terhadap kelestarian lingkungan,” kata Toto.

Menurut Toto, proses restorasi ekologi terumbu karang dilakukan demi melestarikan lingkungan di Pulau Karampuang.

Toto kemudian menjelaskan tentang keutamaan BPJS-TK. Adapun produk jasa yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan yang diatur oleh UU No. 24 Tahun 2011 pasal 6 ayat (2) tentang badan penyelenggara jaminan sosial antara lain:

  1. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)
  2. Program Jaminan Hari Tua (JHT)
  3. Program Jaminan Kematian (JK), dan
  4. Jaminan Pensiun (JP)

Manfaat dan keuntungan yang didapatkan karena:

  1. Menanggulangi resiko sosial apabila terjadi musibah yang dialami oleh tenaga kerja
  2. Memiliki kepastian dalam menghadapi hari tua dan Pensiun.
  3. Mengutamakan pelayanan prima kepada peserta dalam memberikan layanan.

Bersamaan dengan itu juga diadakan penyerahan secara simbolis 20.035 kartu peserta program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi masyarakat pekerja Sulawesi Barat.

Ada yang menarik dari kegiatan customer gathering ini. Dimana para pekerja menerima kartu jaminan sosial di dalam laut Pulau Karampuang. Penyerahan itu langsung diserahkan oleh Wakil Gubernur Sulbar, didampingi Kepala BJPS-TK Sulbar, Iman M Amin kepada perwakilan pekerja.

Sementara, Wakil Gubernur Sulbar Hj. Anggraeni Anwar sangat mengapresiasi langkah BPJS-TK yang peduli terhadap lingkungan.

“Kami mengapresiasi langkah BPJS-TK yang peduli terhadap kelestarian lingkungan di daerah ini,” ucap Enny.

Enny juga mengimbau agar seluruh pekerja di daerah Sulbar mendaftarkan dirinya menjadi peserta BPJS-TK karena setiap profesi masyarakat yang ada di daerah tersebut memiliki risiko kecelakaan kerja yang tinggi, salah satunya nelayan dan penjaga pantai.

Dengan adanya perlindungan dari BPJS-TK, diharapkan para pekerja dapat bekerja dengan aman, serta keluarga yang ada di rumah dapat beraktifitas dengan tenang.

“Kami berharap ekosistem laut di Pulau Karampuang ini dapat terjaga dan semoga masyarakat sekitar menjaga kelestariannya, sehingga hasil laut akan meningkat dan masyarakat sejahtera,” ujar Enny.

(usman)

Baca Juga