BI Sulbar Siapkan Uang Rupiah Baru Rp 1,5 T untuk Lebaran

Gambar BI Sulbar Siapkan Uang Rupiah Baru Rp 1,5 T untuk Lebaran

Mapos, Mamuju – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Barat menyediakan uang NKRI emisi 2019 sejumlah Rp 1,5 triliun untuk penukaran uang.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Barat mengakomodasi kebutuhan rupiah bagi saat Lebaran. Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat Dadal Angkoro mengatakan, permintaan uang tunai terutama nominal kecil meningkat seiring Ramadan dan Lebaran.

“Hal ini dipengaruhi oleh bertambahnya jumlah transaksi tunai dalam rangka pemenuhan berbagai kebutuhan saat ini dan Idul Fitri nanti,” ujar dia, Senin (13/5/2018).

Ia menjelaskan, sebagai institusi yang bertugas mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, telah mengantisipasi permintaan kebutuhan uang di masyarakat baik secara nominal maupun pecahan.

“Bank Indonesia akan melakukan optimalisasi distribusi dan penyediaan uang tunai baik di kantor ataupun perwakilan di daerah,” ujar dia.

Dalam rangka mengantisipasi meningkatnya kebutuhan uang kartal untuk pembayaran gaji dan Tunjangan Hari Raya (THR) serta transaksi tunai masyarakat dalam menyambut Lebaran, BI telah menambah pasokan uang kartal dalam jumlah yang cukup.

“Untuk Provinsi Sulawesi Barat, kami akan bekerja sama dengan beberapa bank dalam hal fasilitasi penyediaan kegiatan penukaran uang pecahan kecil,” ujar Dadal.

Pada 2019 ini, kegiatan penukaran uang akan dipusatkan dibeberapa lokasi, yaitu halaman kantor BI, Pasar Baru, Pasar Lama, sejumlah kantor pemerintahan, Kalukku, Mateng, perbatasan Mamuju-Majene.

Penukaran uang akan dimulai pada Senin, 13 Maret 2019 hingga menjelang idul fitri, dimulai pukul 08.00 Wita hingga 17.00 Wita.

(usman)

Baca Juga