BI Akan Kenalkan Program QRIS

Gambar BI Akan Kenalkan Program QRIS

Mapos, Mamuju – Bank Indonesia sebagai bank sentral memliki salah satu tugas utama. Yaitu mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran.

Upaya tersebut dllakukan dengan mengeluarkan kebijakan QR-Code, yaitu Quick Response Indonesian Standard (QRIS) yang secara resml disampalkan pada tanggal 17 Agustus 2019 oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. 

Kepala BI Pwrwakilan Sulbar Budi Sudaryono, mengatakan, QRIS merupakan standar QR-Code pembayavan untuk sistem pembayaran Indonesia yang dikembangkan oleh Bank lndonesna dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesua (ASPI). Sehigga cukup dengan 1 (satu) QR-Code masyarakat dapat melakukan transaksi secara non tunai.

Kepala BI Perwakilan Sulbar, Budi Sudaryonk

Dalam rangka mempercepat dan memperluas penggunaan QRlS, Bank Indonesia akan mengadakan Pekan QRIS Nasional 2020 yang menekankan pada user experience QRIS, testimoni merchant dan pengguna. Menonjolkan budaya dan kearifan lokal. Serta memberikan peran kepada pejabat mitra strategis. tokoh agama dan tokoh adat yang dapat berperan sebagau influencer atau endorser.

“Melalui pelaksanaan Pekan QRIS Nasuonal 2020 di Kabupaten Malene diharapkan dapat membenkan stimulus kepada masyarakat untuk bertransaksi secara non tunai. Selain itu, dlharapkan juga dapat meningkatkan aksesbilitas UMKM dan masyarakat terhadap produk dan layanan perbankan,” katanya melalui surat yang kirim ke redaksi Mapos, Kamis (05/03/2020).

QRIS merupakan sistem QR yang dikembangkan BI, bekerjasama dengan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) seperti OVO, DANA, LinkAja, GoPay dan lainnya serta perbankan.

Nantinya, pembayaran non tunai akan lebih mudah tanpa harus bingung dengan banyaknya kode QR dan mesin EDC.

(*)



Baca Juga