Bejat, Oknum Guru di Mamuju Diduga Cabuli Puluhan Murid

Gambar Bejat, Oknum Guru di Mamuju Diduga Cabuli Puluhan Murid

Mapos, Mamuju – Seorang oknum guru honorer di salah satu sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), di wilayah Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, berinisial AS (31), akhirnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Metro Mamuju dalam perkara dugaan perbuatan cabul terhadap murid.

Pelaku diancam hukuman pidana penjara paling singkat 5 tahun, paling lama 15 tahun dan denda paling banyak Rp 5 miliar.

”Setelah tahap penyelidikan dan ditingkatkan ke penyidikan akhirnya oknum guru honorer ini ditetapkan sebagai tersangka,” ungkap Kasat Reskrim Polres Metro Mamuju, AKP Syamsuriansa saat konferensi pers di Polres Metro Mamuju, jalan KS Tubun, Kelurahan Rimuku, Kabupaten Mamuju, Senin (18/2/2019).

Dia menuturkan, terungkapnya kasus dugaan perbuatan cabul seorang oknum guru honorer ini berdasarkan laporan dari orangtua korban, sesuai dengan laporan polisi nomor: LP/ 16/ II /2019/Polda Sulbar/Res Mamuju/Sek Rural Kalukku, tanggal 12 Februari 2019.

Pihaknya setelah menerima laporan langsung melakukan langkah penyelidikan.

”Hasilnya ada lima korban yang dilaporkan dan kami juga mendapati nama murid sebanyak 15 anak yang juga pernah dicabuli oleh tersangka,” tutur dia.

Bahkan, perbuatan pencabulan itu dilakukannya sebanyak enam kali terhadap korban yang sama.

Pihak kepolisian sudah menahan tersangka Asran, juga mengamankan sejumlah barang bukti.

Dari hasil interogasi, pelaku mengakui semua perbuatannya telah mencabuli murid SD dan SMP.

Karena perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 76E juncto Pasal 82 ayat (1), (2) dan (4) Undang-undang Republik Indonesia nomor 17 tahun 2016 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU RI No 1 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU RI No. 23 tahun 2012 tentang Perlindungan Anak.

”Ancaman hukumannya pidana penjara paling singkat 5 tahun paling lama 15 tahun dan denda paling banyak Rp5 milyar,” pungkasnya.

Sebelumnya, seorang oknum guru honorer di wilayah Kalukku, Mamuju diamankan Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Metro Mamuju diback up Polsek Kalukku, Sabtu (16/2/2019).

Oknum guru honorer itu bernama AS (31). Ia diduga mencabuli puluhan muridnya yang berlokasi di wilayah Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju.

(usman)

Baca Juga
caleg sulbar no 23
caleg sulbar no 27
caleg sulbar no 34
caleg sulbar no 37
caleg sulbar no 39
caleg sulbar no 40
caleg sulbar no 42