Begini Tanggapan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Majene Terkait TBUP3D

0
210

Mapos, Majene — Belum lama ini sejumlah elemen masyarakat di Kabupaten Majene dikagetkan dengan munculnya lembaga baru bentukan Bupati dan Wakil Bupati Majene terpilih Andi Syukri Tammalele (AST) – Arismunandar (Aris) yang diberi nama Staf Khusus

Sontak lembaga baru ini mendapat sorotan tajam dari berbagai pihak. Alih-alih membatalkan organisasi yang berjumlah 5 orang, malah oleh Bupati Majene menggantinya dengan nama Tim Bupati untuk Pengawalan Percepatan Pembangunan Daerah (TBUP3D) Kabupaten Majene dengan beranggotakan 10  orang ditambah Penanggungjawab dua orang.

Berbagai kalangan menilai, Bupati Majene tidak mengindahkan arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian terkait sistem kerja dan tata kelola keuangan daerah di tengah pandemi.

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

Tito mengatakan, pandemi Covid-19 memberikan banyak pelajaran. Salah satunya terkait sistem kerja.

“Pandemi ini betul-betul memberikan pelajaran yang sangat banyak kepada kita semua. Salah satunya mengenai masalah mekanisme bekerja kita,” kata dia, dilansur dari Okezon.com, Selasa (31/8/2021).

“Dengan pengalaman pandemi ini komposisi belanja untuk aparatur perlu dikurangi. Dan kemudian dialihkan kepada belanja untuk kepentingan yang langsung dapat dirasakan oleh masyarakat,” tambahnya.

Seperti apa urgensi Peraturan Bupati Nomor 17 tahun 2021? Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Majene, Adi Ahsan, Kamis (2/9/2021) mengatakan, banyak pihak termasuk wartawan bertanya soal TBUP3D.

Dengan pikir sederhana ia menjawab. ”
Nanti ya, kami tanya dulu kepada yang membentuk tim itu. Kenapa dan untuk apa dibentuk? Apa pentingnya tim itu dibentuk? Spesifikasi tugasnya apa? Konsep kerjanya bagaimana? Apa tim itu hanya bertugas memberi pertimbangan kepada bupati, atau lebih dari itu? Apakah tim itu bekerja hanya pada tataran menyusun konsep pengawalan dan mempercepat pembangunan dan atau juga melakukan hal-hal yang praktis? Kalau tim itu diganjar penggajian, mekanismenya bagaimana?” sebut legislator asal Partai Golkar ini.

Tentu saja, lanjutnya untuk mengetahui semua pertanyaan di atas, perlu bertanya langsung kepada bupati dan tim yang telah dibentuk lewat mekanisme di DPRD.

“Jika alasan penbentukannya tidak memberi azas kepentingan kepada publik. Nanti kami sampaikan kepada warga masyarakat Majene,” tutupnya.

Ada pun nama-nama TBUP3D berdasarkan Lampiran Keputusan Bupati Nomor : 752/HK/KEP-BUP/VII/2021 tanggal 30 Juli 2021 Tentang Pembentukan Tim Bupati untuk Pengawalan Percepatan Pembangunan Daerah antara lain;

1. H A Achmad Syukri, SE, MM sebagai Penanggungjawab.

2. Arismunandar, S.STP, MM sebagai Pananggungjawab.

3. Drs HM Rusbi Hamid, MSi sebagai Katua TBUP3D merangkap Anggota/Koordinator Bidang pada Bidang Ekonomi, Investasi, Pertanian, Kelautan dan Perikanan, Asset Daerah, serta Perusahaan Umum Milik Daerah.

4. Hj Hasriaty A Saleh, S.Sos, MM sebagai Anggota pada Bidang Ekonomi, Investasi, Pertanian, Kelautan dan Perikanan, Asset Daerah, serta Perusahaan Umum Milik Daerah.

5. Anwar Lazim, SH, MSi sebagai Anggota/Koordinator Bidang pada Bidang Hukum, Pemerintahan, Pengembangan Sumber Daya Manusia, serta Kesejahteraan Masyarakat dan Desa.

6. Muhammad Alwi, S.Pd sebagai anggota pada Bidang Hukum, Pemerintahan, Pengembangan Sumber Daya Manusia, serta Kesejahteraan Masyarakat dan Desa.

7. Drs Darmansyah sebagai Anggota/Koordinator Bidang pada Bidang Pendidikan, Kesehatan, Kebudayaan, serta Sosial dan Politik.

8. dr Hj Evawaty, M.Kes sebagai Anggota pada Bidang Pendidikan, Kesehatan, Kebudayaan, serta Sosial dan Politik.

9. Surakhmat, S.Sos, M.Si sebagai Anggota/Koordinator Bidang pada Bidang Komunikasi, Kerjasama, serta Hubungan antar Lembaga dan Respon Isu-isu Strategis.

10. Bayu Aditya Pratama A, SE sebagai Anggota pada Bidang Komunikasi, Kerjasama, serta Hubungan antar Lembaga dan Respon Isu-isu Strategis.

11. Drs H Abd Qadir Thahir sebagai Anggota/Koordinator Bidang pada Bidang Olahraga, Kepemudaan, serta UMKM dan Kewiraushaan.

12. Muhammad Yakub R, S.Ag sebagai Anggota pada Bidang Olahraga, Kepemudaan, serta UMKM dan Kewiraushaan.

(ipunk/red)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.