Bawaslu Sulbar : Peran KPU dan Capil harus Lebih Terbuka

0
194
Ketua Bawaslu Sulbar Sulfan Sulo
Ketua Bawaslu Sulbar Sulfan Sulo

Mapos, Mamuju¬†– Guna memaksimalkan pengawasan terkait Pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati Polman dan Mamasa tahun 2018, Bawaslu Sulbar menggelar rapat kerja persiapan pembentukan PPK/PPS serta tahapan pemutakhiran data pemilih Pilkada serentak di hotel D’Maleo pada kamis (12/10/2017).

Tahun depan di dua Kabupaten yakni Polman dan Mamasa akan menggelar pemilihan Bupati, tentu dengan harapan agar di dua kabupaten tersebut bisa berjalan dengan baik, ungkap Ketua Bawaslu Sulbar Sulfan Sulo.

Dijelaskan, perlunya kita semua dapat menciptakan Pilkada yang bermartabat dan berkualitas dengan didukung oleh pemutahiran data pemilih lebih dan rekrutmen PPK/PPS juga harus lebih baik dari sebelumnya.

Untuk mencapai itu semua perlu adanya sinergitas dengan pemangku kepentingan, KPU dan Disdukcapil sangatlah penting, KPU dalam menyajikan data pemilih harus akurat, dan untuk mencapai hal itu tentunya KPU harus merekrut PPK dan PPS yang berkualitas, sebab PPK dan PPSlah yang akan menjadi ujung tombak dalam mengelolah data-data ditingkat Kecamatan dan Desa, tuturnya.

Selain itu, peran KPU maupun Dinas catatan Sipil sangat menentukan terciptanya Pilkada yang aman, mengingat Dinas catatan sipil secara teknis mengurus data kependudukan.

Dia berharap, peran KPU dan Capil harus lebih terbuka dalam memberikan akses mengenai data-data yang dibutuhkan Bawaslu.

Sementara itu, Salah satu Komisioner KPU Sulbar Nurdin Passokori mengaku akan selalu bersinergi dengan Bawaslu.

“KPU akan terbuka soal data, termasuk perekrutan PPK dan PPS, kita harus hadir bersama menjalankan dan mengawal proses tahapan Pilkada yang lebih baik, KPU dan Bawaslu merupakan penanggung jawab jalannya Pilkada”, jelasnya.

Disdukcapil sendiri melalui Kepala Bidangnya Drs. Hammauddin mengatakan, akan terbuka terhadap permintaan data oleh Bawaslu.

(usman) 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.