Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Majene Ambil Bagian dalam Vaksinasi Massal

0
140

Mapos, Majene — Organisasi profesi, pemuda dan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Majene melakukan pendampingan atas kegiatan vaksinasi massal di Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat, Senin (6/9/2021).

Menurut salah seorang Aliansi yaitu Ketua DPC SEMMI Majene, Burhanuddin, S.Pd, sebelumnya pihak aliansi melakukan koordinasi kepada pihak terkait untuk melakukan pendampingan pada kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi siswa-siswi SMK Negeri 3 Pamboang Majene kerjasama dengan Unsur Tripika Kecamatan Pamboang dan UPTD Puskesmas Pamboang.

Burhanuddin menyebut, oleh Wakil Kepala SMK Negeri 3 Pamboang, Idham, yang mendapat vaksin di kesempatan pertama ialah siswa kelas X, XI, dan XII dan telah memiliki surat izin dari orang tua atau wali untuk persetujuan vaksin.

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

“Karena pada hakikatnya, vaksinasi diberikan tanpa ada unsur paksaan. Selain itu, oleh pihak sekolah berharap semoga dengan adanya program vaksinasi bagi siswa sekolah, proses belajar mengajar secara tatap muka sudah dapat berjalan seperti sediakala,” sebut Burhanuddin.

Dikatakan, kegiatan yang dimulai dari pukul 9.30–15.30 WITA dilaksanakan dengan 2 sesi yaitu sesi pagi dan sesi siang.

“Siswa-siswi juga diwajibkan untuk membawa fotokopi kartu keluarga untuk memenuhi syarat registrasi,” ucapnya.

Sementara itu kegiatan vaksinasi di Kecamatan Pamboang turut ditinjau dan didukung oleh Kapolsek Pamboang Ipda Japaruddin, SH dan Camat Pamboang, Albar Mustar Lazim.

Diketahui, SMK Negeri 3 Pamboang merupakan sekolah pertama yang melakukan vaksinasi pada sekolah tingkat menengah di Kabupaten Majene dan menargetkan Kecamatan Pamboang sebagai kecamatan pertama di Kabupaten Majene yang mencapai herd immunity.

Perwakilan UPTD Puskesmas Pamboang,  Asnawiah, S.S sebagai tim vaksinator, memaparkan, bahwa jenis vaksin yang diberikan adalah Sinovac.

Menurut Asnawiah, Tim Vaksinasi Puskesmas Pamboang menurunkan 14 orang nakes terdiri dari dokter dan perawat.

Sebelum memvaksin, kata dia pihaknya terlebih dahulu mengedukasi siswa-siswi bahwa vaksin bertujuan untuk membentuk kekebalan tubuh atau kekebalan kelompok (herd immunity) dan meminmalisisr kemungkinan terpapar virus corona.

Terpisah, salah seorang siswa kelas XII SMKN 3 Majene bernama Hasrul mengaku lega setelah divaksin. “Perasaan saya lega setelah divaksin. Padahal sebelumnya, sempat takut dan deg-degan. Takut kalau ada efek sampingnya. Tapi sejauh ini saya baik-baik saja, semoga tidak ada apa-apa nantinya,” ungkap Hasrul seraya menambahkan dia sangat mengapresiasi kegiatan vaksinasi yang telah diadakan, karena dengan sertifikat vaksin yang diperoleh akan mempermudah dirinya jika menjadi syarat dalam praktik lapangan nantinya.

(fajar/red)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.