AKP Eduard: Hadirnya Samsat Online Mudahkan Masyarakat Bayar Pajak

Gambar AKP Eduard: Hadirnya Samsat Online Mudahkan Masyarakat Bayar Pajak

Mapos, Mamuju – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sulbar terus mengembangkan inovasi pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dalam pelayanan Samsat Online.

Seiring berkembangnya teknologi dan informasi ternyata sudah ada beberapa alternatif pelayanan yang diberikan oleh Ditlantas Polda Sulbar untuk memudahkan masyarakat wajib pajak melakukan proses pembuatan, pengesahan, atau perpanjang kelengkapan surat kendaraan bermotor.

Ditlantas Polda Sulbar Kombes Pol Chiko Ardwiatto, S.I.K., M.Hum. yang di wakili Ps. Kasi STNK Ditlantas Polda Sulbar AKP Eduard Steffry Allan T., S.Ik., M.Si, menjelaskan hingga saat ini sudah ada tiga pelayanan Samsat yang bisa digunakan oleh masyarakat, yakni pelayanan Samsat Induk, Samsat Keliling, dan Samsat online nasional.

“Pelayanan Samsat tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda,” katanya. saat ditemui di kantornya, Rabu (24/7/2019).

Ia menjelaskan, secara rinci fungsi layanan Samsat tersebut.

  1. Samsat Induk

Samsat induk atau Samsat utama ini merupakan layanan paling pertama, dimana masih menggunakan sistem konvensional. Artinya, masyarakat harus datang ke Samsat kemudian harus masuk loket-loket yang sudah disediakan ada dua loket loket pendaftaran dan verifikasi dan loket pembayaran dan penyerahan.

Layanan ini masih terbilang menyulitkan masyarakat. Pasalnya, wajib pajak harus mengisi formulir secara manual, mem-fotocopy berkas, mengantri di loket dan melakukan pembayaran secara tunai.

  1. Samsat Keliling

‎Samsat keliling adalah layanan Samsat yang langsung bersentuhan dengan masyarakat atau sistem jemput bola. Dengan menggunakan mobil Samsat yang akan diletakkan di lokasi strategis seperti pasar, badan instansi yang membutuhkan pelayanan pembayaran pajak secara kolektif, atau tempat keramaian.

  1. Samsat Online

E-Samsat atau Samsat online adalah pola atau metode terbaru di mana masyarakat tidak perlu datang ke kantor pelayanan Samsat untuk pembayaran pajak tahunan ini khusus untuk pajak tahunan pembayaran bisa dilakukan melalui ATM atau e-banking atau masyarakat menginsgal aplikasi Samsat Online di play store.

Lebih jauh Eduard menjelaskan, hadirnya layanan Samsat Online, menjadi upaya dalam memberikan kemudahan para wajib pajak kendaraan bermotor dengan aplikasi berbasis mobile.

“Samsat Online Nasional terwujud berkat sinergitas, sinkronisasi, dan harmonisasi hubungan antar instansi. Adanya Samsat online akan mampu mendorong kesadaran masyarakat untuk memenuhi kewajibannya sehingga mampu memberikan manfaat yang luas kepada masyarakat,” kata Eduard.

“Kita telah memasuki era baru, semua telah diintegrasikan, teknologi kini memfasilitasi masyarakat. Semua terobosan pada ujungnya untuk masyarakat. Kita berharap integrasi ini memberikan pelayanan dan memiliki pertanggungjawaban yang lebih baik,” sambung mantan Kasat Lantas Polres Polman ini.

Menurutnya, Samsat Online Nasional merupakan upaya layanan jaringan elektronik melalui aplikasi layanan mobile yang bertujuan memudahkan wajib pajak. 

“Dalam layanan ini wajib pajak kendaraan dapat melakukan pembayaran dan pengesahan tahunan secara online Pajak Kendaraan Bermotor, SWDKLLJ, dan PNBP Pengesahan STNK secara Nasional dan lingkup pelayanan Samsat Online Nasional yang dapat diakses adalah seluruh Samsat di wilayah Provinsi yang ada di Indonesia,” sebutnya.

Ia membeberkan bahwa pengembangan program Samsat Online Nasional merupakan penjabaran dari poin ke 2 Nawacita Presiden Republik Indonesia yaitu membuat Pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya.

“Termasuk juga menyampaian dari Kapolri tentang peningkatan kinerja serta perbaikan kultur di lingkup Polri,” tuturnya.

Oleh karena itu, Kakorlantas Polri membuat Program Prioritas di bidang pelayanan Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor yang salah satunya adalah Pengembangan Samsat Online Nasional.

Samsat Online Nasional atau disingkat Samolnas adalah layanan jaringan elektronik yang diselenggarakan Tim Pembina Samsat Nasional berdasarkan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia untuk pembayaran dan pengesahan tahunan secara online Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), SWDKLLJ, dan PNBP pengesahan STNK yang dapat dilakukan secara nasional melalui aplikasi layanan mobile.

“Maksud dan tujuan dari Samolnas adalah memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat yang mencerminkan pola Good Goverment Services, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan publik yang ada,” pungkas Eduard.

Eduard mengatakan, sistem pelayanan Samsat Online Nasional ini hanya melayani Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor tahunan SWDKLLJ dan PNBP Pengesahan STNK.

Eduard menambahkan, untuk saat ini Samsat Online masih dalam proses pengembangan dan uji coba.

“Jadi pelayanan Samsat Online ini sementara masih proses pengembangan uji coba di seluruh Indonesia,” tutup Eduard.

(usman)

Baca Juga