Ado Mas’ud: Kejayaan Kakao di Mamuju Harus Dikembalikan

Gambar Ado Mas’ud: Kejayaan Kakao di Mamuju Harus Dikembalikan

Mapos, Mamuju – Calon Wakil Bupati Mamuju Ado Mas’ud berkampanye pertemuan terbatas di Rumbi Apo, Desa Pamulukang, Kecamatan Kalukku. Kamis (1/9/2020).

Di sana, Ado memulai diskusi dengan membedah sekelumit masalah soal pertanian, khusus komoditi kakao.

Ado bilang, potensi kakao di Mamuju cukup besar, bahkan pernah menjadi primadona dengan mampu memberikan pendapatan yang cukup besar bagi masyarakat. Ado ingin kejayaan kakao di Mamuju kembali.

“Kejayaan kakao kita kembalikan. Karena saya ingat betul yang bikin saya bisa beli sepeda itu karena kakao,” kata Ado.

Ketua DPC PDI Perjuangan Mamuju ini menyampaikan, jika diberikan kepercayaan oleh masyarakat memimpin Bumi Manakarra lima tahun, problem dasar petani seperti ketersediaan pupuk dan bibit akan diselesaikan.

Tak hanya sarana dan prasarana, kata Ado, dalam program Mamuju Keren pihaknya telah menyiapkan program pembentukan Bumdes bersama yaitu Bumdes Mart Keren.

Di Bumdes ini akan berfungsi sebagai media jual beli, modal usaha, layanan jasa. Tujuannya, agar hasil pasca panen petani bisa cepat dipasarkan.

“Saya ini anak petani hidup dan besar dari hasil pertanian, saya tau persis bagaimana hidup sebagai petani,” bebernya.

Ado menerangkan, kedepan pengembangan produksi dan pemasaran baik itu pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan itu berbasis riset. Agar seluruh proses usaha masyarakat di desa, mulai pra sampai pasca panen bisa terintegrasi dan menghasilkan produk yang unggul.

” Itu yang kami sebut di issu strategis dalam Visi-misi Kita Mamuju Keren, Desa sebagai Kekuatan Ekonomi,” pungkasnya.

(*)

Baca Juga