7 Pasien Covid-19 asal Majene Dinyatakan Sembuh

Gambar 7 Pasien Covid-19 asal Majene Dinyatakan Sembuh

Mapos, Majene — Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Majene menyatakan, Sabtu 8 Agustus 2020 sebanyak 7 warga Kabupaten Majene terkonfirmasi sembuh dari Covid-19.

Dalam keterangan pers Tim Gugus Tugas menyebut, rincian pasien sembuh 5 orang dari Karantina di Gedung LPMP Sulbar Kabupaten Majene dan 2 orang dari RS Pratama Wonomulyo.

Kelima pasien yang sembuh dari perawatan isolasi di LPMP atas nama : Erciwati (Lingk. Binanga), Sularno (Lingk. Binanga), Neneng Ariati (Lingk. Binanga), Rahdatul Adwiah (Lingk. Binanga) dan Ninik (Lingk. Pakkola).

Sembuhnya pasien terkonfirmasi diperkuat dengan Surat Keterangan Sembuh yang ditanda tangani oleh dr. Nurlina, Sp. P, berdasarkan hasil Swab Corona Virus Disease (Covid-19) sebanyak satu kali dengan hasil negative.

Sedangkan 2 orang warga Majene yang dirawat di RS Pratama Wonomulyo dan dinyatakan sembuh ialah, Rukiah dan Arafah. Keduanya berasal dari Lingkungan Binanga Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene.

Pj. Sekda. Majene Burhan Usman yang hadir pada saat acara pelepasan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pihak LPMP Sulbar yang telah berkenan meminjamkan gedungnya.

“Juga kepada semua petugas yang telah bekerja tanpa lelah di gedung LPMP. Juga kepada dokter ahli paru, Dinas Kesehatan, BPBD Majene, para perawat dari RSUD Majene, dan para petugas atau perawat dari PKM yang ada dalam kota Majene, atas semua kerja sama dan kekompakannya selama bertugas menangani pasien covid-19 di LPMP,” ungkap Burhan.

Tak lupa Ia menyampaikan permohonan maaf kepada para pasien dan keluarga pasien bila dalam pelayanan selama masa karantina ada sesuatu yang kurang berkenaan.

“Selaku anggota Tim Gugus, kedepannya kami akan melakukan evaluasi dan perbaikan disemua lini pelayanan. Semoga pasien yang masih tinggal di LPMP ini dapat segera menyusul teman temannya yang sudah keluar dan dinyatakan sembuh, hingga bisa kembali berkumpul bersama keluarganya,” sebut Burhan.

Sementara itu, dr Nurlina, Sp. P berpesan kepada para pasien yang telah sembuh, bila kembali ke rumah selama 14 hari kedepan untuk tetap menjaga dan patuh pada protokol kesehatan Covid-19.

“Tidur sendiri dulu, jaga jarak dengan keluarga, selalu menggunakan masker dan menggunakan peralatan makan dan mandi sendiri. Jangan berbaur dengan keluarga lain selama di rumah, yang utama supaya tidak keluar rumah alias isolasi mandiri,” katanya.

Lebih jauh katanya, untuk pertama kalinya pasien sembuh dilakukan melalui perawatan di Majene.

“Selama ini, pasien sembuh dari Majene, perawatannya dilakukan diluar Kabupaten Majene. Dengan segenap upaya dan keterbatasan yang kami miliki namun akhirnya kita mampu juga merawat dan menyembuhkan pasien Covid-19 walau dalam kategori darurat perawatan, dan Syukur Alhamdulillah pasien dapat sembuh, dengan melakukan terapi anti virus minimal 7 hari kemudian dilakukan swab dan hasilnya negative,” beber dr Nurlina.

Turut hadir pada acara pelepasan antara lain Pj. Sekda Majene Burhan, Kadis. Kesehatan Majene dr Rakhmat Malik beserta beberapa Kabid, Ka. BPBD, Direktur RSUD Majene, dr. Nurlina (Specialis Paru) Kepala PKM Banggae I, Ka. PKM Lembang, Juru Bicara Tim Gugus Covid dan Bag. Prokompim Majene.

Setelah warga Binanga tersebut tiba dilingkungannya disambut dengan keluarga masing masing dan para pasien sembuh langsung menuju laut untuk berendam.

(*)