7 Manfaat Luar Biasa Minum Air Putih Tiap Pagi

 

Manfaat Minum Air Putih Tiap Pagi

Manfaat Minum Air Putih Tiap Pagi

Mapos.  Ketika terbangun dari tidur di pagi hari, apa yang biasanya Anda minum? secangkir teh, kopi panas atau air dingin? Tentunya semua tergantung pilihan masing-masing orang. Namun, tahukah Anda bahwa mengonsumsi segelas air hangat setelah bangun tidur memiliki banyak khasiat?

Mengutip dari laman Life hack, Menurut Stella Metsovas seorang ahli gizi klinis dan pakar kesehatan dalam ilmu pangan dan gizi, mengatakan, mengonsumsi air hangat saat pagi hari, atau ditambah dengan rendaman lemon yang sangat kaya akan polifenol atau dengan teh, telah terbukti mampu mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh.

Selain itu, mengonsumsi air putih hangat setelah bangun tidur di pagi hari dengan keadaan perut yang masih kosong atau belum mengonsumsi makanan apapun. Hal tersebut memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

1. Mencegah penuaan dini

Racun yang berada dalam tubuh bisa membuat penuaan akan lebih cepat dari perkiraan. Saat racun menumpuk dalam tubuh, Ia menjadi rentan akan penuaan dan penyakit. Mengonsumsi air hangat akan membantu Anda untuk membersihkan tubuh dari racun. Selain itu, dapat membantu memperbaiki kondisi sel kulit yang dapat membuat kulit Anda lebih elastis.

2. Mengurangi rasa sakit

Dengan mengonsumsi air hangat merupakan obat alami untuk mengurangi rasa sakit kram akibat menstruasi. Air hangat akan melemaskan otot-otot perut dan membantu meringankan nyeri haid. Tak hanya itu saja, air hangat merupakan obat yang efektif untuk berbagai jenis kram, sebab meningkatnya sirkulasi kapiler dan akan merilekskan otot-otot dalam tubuh.

3. Meredakan batuk dan pilek

Mengonsumsi air hangat akan membantu mengurangi rasa sakit pada tenggorokan serta mencairkan lendir yang berlebihan pada kerongkongan. Anda bisa mencobanya dengan minum air hangat yang dicampuri sepotong jahe dan lemon. Cara tersebut akan membantu dalam meredakan dan mempercepat penyembuhan batuk dan pilek.

4. Melancarkan sirkulasi darah

Minum segelas air hangat saat kondisi perut kosong juga diyakini dapat membuang racun yang pada gilirannya membantu dalam melancarkan peredaran darah. Air hangat akan membrikan rasa rileks, menghilangkan sirkulasi yang buruk, membantu melonggarkan otot, dan melancarkan aliran darah.

5. Mengurangi sembelit

Minum air hangat merupakan cara terbaik untuk mengurangi sembelit. Minum segelas air hangat ketika perut masih kosong sebaiknya diminum saat pagi hari. Hal tersebut bisa membantu dalam meningkatkan gerakan usus serta meningkatkan hidrasi untuk menyembuhkan sembelit.

6. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan dengan rutin minum air hangat di pagi hari merupakan salah satu trik yang sudah ada sejak dahulu. Minumlah segelas air hangat yang ditambahi madu dan lemon dapat membantu menghancurkan lemak yang tertimbun dalam tubuh, serta menurunkan berat badan.

7. Mempercepat kantuk di malam hari

Minum air hangat setelah makan, terutama setelah makan malam dan sebelum tidur, akan membantu Anda merilekskan dan menenangkan saraf. Hal ini bisa membantu menginduksi tidur dan membantu Anda yang sulit untuk tidur.

Nah, itulah 7 manfaat minum air hangat di pagi hari. Semoga bermanfaat.