Yunus, Warga Desa Saletto Akhirnya Bisa Berobat

Mamuju

Mapos, Mamuju – Yunus (58), warga Dusun Saletto, Desa Saletto, Kabupaten Mamuju akhirnya bisa berobat.

Hari ini, tim kemanusiaan dari Sabahat 95 Berbagi memberikan bantuan pakaian serta biaya sekaligus menjemput Yunus dikediamannya untuk dilakukan perawatan medis di RSUD Mamuju.

Tak hanya itu, gerakan kemanusiaan tim Sabahat 95 Berbagi ini juga telah membantu menguruskan KTP, KK dan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) Yunus dan keluarga dari Pemerintah Kabupaten Mamuju sebagai pengganti sementara BPJS.

“SKTM dan KK serta KTP bapak Yunus sudah jadi. Ini hari juga kita akan jemput di rumahnya untuk dibawa ke RSUD Mamuju untuk mendapatkan perawatan medis,” ujar koordinator Sabahat 95 Berbagi H. Muhammad Ibrahim kepada mamujupos.com, Rabu (19/9/2018).

Ibrahim mengatakan, selama mempergunakan SKTM,  pengobatan bapak Yunus ditanggung pemerintah Mamuju.

“BJPS pak Yunus dan keluarga juga sementara kita uruskan,” ujar Ibrahim.

Sebelumnya, satu tahun lebih, Yunus terbaring diatas kasurnya yang beralaskan karpet. Bergerakpun susah. Untuk buang air kecil saja, Yunus harus digendong oleh istrinya, Hasania (50).

“Saya sudah berupaya mengobati suami saya ini, dengan berobat kampung namun belum membuahkan hasil. Keterbatasan ekomomi dan tanpa BPJS membuat saya tidak membawa ke RS. Biayanya cukup besar bagi ukuruan saya,” kata Istri Yunus, Hasania.

Selama Yunus sakit, Hasania sebagai tulang punggung keluarga. Berbekal ketrampilan dasarnya, ia membuat tusuk sate dari bambu yang kemudian dijualnya kepada pedagang sate. Hasilnya tidak seberapa.

Dengan penghasilan yang pas-pasan, Hasania tidak bisa berbuat banyak melihat suaminya yang kian lama kondisinya semakin memburuk.

Penghasilannya hanya cukup untuk menopang kebutuhan sehari-hari yakni makan dan minum, itupun belum mencukupi.

SKTM

Maka tiada tindakan yang bisa dilakukan selain berdoa kepada Tuhan agar suaminya diberikan kesembuhan.

(toni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *