Wow, Pemkab Majene Mulai Pikirkan Jalur Kereta Api

Majene

Mapos, Majene – Sejumlah persoalan infrastruktur dan kegiatan yang bersifat mendesak dibahas dalam revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Majene, di ruang rapat Wakil Bupati Majene Jum’at (3/8/2018).

Bupati Majene Fahmi Massiara didampingi Kepala Bapeda Kabupaten Majene, Andi Adlina Basharoe dan Konsultan dalam acara revisi RTRW di ruang rapat Wakil Bupati Majene Jum’at 3 Agustus 2018         foto : Ist

Dihadiri oleh Bupati Majene Fahmi Massiara, Konsultan Perencana, Pimpinan OPD terkait, para Camat dan undangan lainnya, Badan Perencana Daerah (Bapeda) minta masukan terkait revisi RTRW Majene.

Bupati Majene Fahmi Massiara menyebut, ada hal-hal yang sangat vital akan dibahas dalam revisi RTRW kali ini, semisal jalur kereta api.

“Dimana letak posisinya? Apakah Dishub kita sudah konsultasi ke Dishub Provinsi?” tanya Bupati Majene Fahmi Massiara disusul pertanyaan lain soal jalan kabupaten yang ingin dirubah menjadi jalan nasionl.

Selain jalur kereta api dan jalan, pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Majene diminta oleh orang nomor satu di Majene ini agar menperhatikan kawasan pantai dengan tumbuhan mangrovenya.

“Ada desa yang memperlakukan kawasan mangrove dengan cara membabat dan pada akhirnya mereka membuat kebijakan lokal di desa, sehingga mereka kadang mengambil keputusan tidak sesuai terhadap aturan yang ada,” tutur Fahmi Massiara.

Untuk itu lanjutnya, Focus group discussion (FGD) diminta untuk meninjau lokasi mangrove yang telah dibabat oleh pihak desa, karena semua terkait dengan penjabaran RTRW dengan pihak DLHK.

“Yang sulit diprediksi saat ini adalah jalur kereta api dan ring road,” ucapnya.

Lebih jauh kata Fahmi Massiara, terkait Water Front City (WFC) bila kelak terwujud nantinya, maka akan merubah wajah Majene, dan ini juga harus masuk dalam RTRW.

Dan yang terakhir ucap Ketua DPC Pemuda Pancasila Majene ini, untuk Kepala Distanakbun Kabupaten Majene supaya menindaklanjuti rencana kerjasama dengan Blitar atas pengiriman telur ayam.

(ipunk)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.