WADUH! Bantuan Kapal Nelayan Terancam Batal

Mamuju

Mapos, Mamuju – Kapal bantuan nelayan sebanyak 50 unit dengan ukuran 20 hingga 30 gros ton terancam dibatalkan.

Hal itu disebabkan jika kelengkapan administrasi permohonan bantuan tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dipersyaratkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

Ilustrasi.

Menurut Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi Sulawesi Barat, Ir. Parman Parakkasi mengatakan, KKP RI tidak akan memberikan bantuan bila tidak dalam naungan koperasi. Sementara syarat untuk bisa mendapatkan bantuan adalah kelompok nelayan harus dinaungi lembaga koperasi. Sedangkan pada umumnya nelayan kita di Sulbar selama ini aktivitas menangkap ikannya secara personal atau berkelompok.

Sementara bantuan kapal dari KKP RI kata Parman, terancam batal jika administrasi lembaga koperasi tidak dipenuhi.

“Saya sudah sampaikan ke Dinas Koperasi Perdagangan untuk segera direspon agar nelayan kita dapat menikmati bantuan tesebut,” terang Parman.

Menurut Parman, bukan hanya bantuan kapal saja yang terancam dibatalkan. Baru-baru ini Dinas Kelautan dan Perikanan RI juga menawarkan bantuan coolstorage atau gudang pendingin dengan kapasitas 200 ton, namun hal itu juga terancam batal jika fasilitas listrik tidak terpenuhi.

Kadis Kelautan dan Perikanan Sulbar, Ir. Parman Parakkasi.

“Saya juga sampaikan dihadapan jajaran Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Jika Sulbar diberikan bantuan coolstorage dan saya siap soal fasilitas listrik, walaupun kita tahu bahwa fasilitas listrik di Sulbar memungkinkan atau tidak,” tutup Parman. Rabu (28/3/2018).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *