Tugas Tuntas Pemuda Pancasila di Palu

Mamuju

Mapos, Mamuju¬†–¬†Pasca gempa berkekuatan 7.4 SR dan tsunami pada Jumat, (28/9/2018) lalu, mendorong semua pihak turut melakukan misi kemanusiaan dengan membantu korban yang selamat maupun evakuasi korban meninggal.

Semua pihak dari penjuru indonesia, bahkan dunia turut membantu mengirimkan bantuan logistik dan relawan ke Donggala-Palu.

Di Mamuju, Sulbar sendiri ratusan tim relawan dikirim ke daerah yang terdampak gempa. Salah satunya dari Pemuda Pancasila.

Sejak, 29 September 2018, Pemuda Pancasila (PP) melakukan misi kemanusiaan di Palu, Sulteng.

Selama enam hari, (29 September – 4 Oktober 2018) PP menjalankan misi kemanusiaan di Palu dan berhasil mengevakusi para korban gempa dan tsunami yang meninggal dunia sebanyak 37 jiwa serta telah menyalurkan bantuan logistik di 20 titik pengungsian yang tersebar di kota Palu dan donggala berupa sembako, kebutuhan anak dan perempuan, tenda, terpal, air minum yang merupakan sumbangan dari kader PP serta masyarakat Mamuju.

Selain mengirimkan tim relawan dan logistik, PP juga mengirimkan tim medis dukungan dari RS Mitra Manakarra.

Document PP.

Tim medis itu bertugas membantu para korban gempa dan tsunami yang masih hidup untuk dilakukan pertolongan dan pemeriksaan kesehatan. Dan sebanyak 100 orang diberbagai titik pengungsian serta di posko relawan PP di Tipo berhasil diberi pertolongan dan pengobatan.

Berkat dukungan dari masyaraka dan sumbangan para kader yang disalurkan melalui PP Sulbar dan Mamuju berhasil mengumpulkan sumbangan sebesar Rp 2 miliar.

Document PP.

Selama menjalankan misi kemanusuaan di Donggala-Palu, PP membagi tugas kepada masing-masing relawan kader, diantaranya,

1. Tim evakusi sebanyak 20 orang yang dipimpin oleh komandan Koti PP Sulbar, H. Isar.
2. Tim distribusi bantuan sebanyak 25 orang, dipimpin oleh komandan Koti PP Kabupaten Mamuju, Ariadhy Ikhsan
3. Tim medis sebanyak 5 orang dari RS Mitra Manakarra
4. Relawan media sebanyak 6 orang
5. Relawan komunitas sebanyak 5 orang
6. 1 unit ambulance dan 8 mobil operasional lapangan serta 3 unit kendaraan roda dua (motor).

Document PP.

Atas misi kemanusiaan itu, Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Sulawesi Barat, DR H.Suhardi Duka, MM dan Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Mamuju Hj. St. Sutinah Suhardi. SH. Msi sangat mengapresiasi dan salut atas upaya dan kerja keras kader Pemuda Panasila dan tim medis RS Mitra Manakarra yang telah bekerja untuk kemanusian dengan tulus dan ikhlas.

Document PP.

Ketua MPC PP Sulbar dan Kabupaten juga mengucapkan terimakasih serta penghargaan yang setinggi tingginya kepada seluruh masyarakat Mamuju dan Sulawesi Barat yang telah mempercayakan kepada Pemuda Pancasila untuk menyalurkan bantuan dan donasinya kepada korban gempa dan tsunami Palu dan Donggala.

Document PP.

“Sekali layar terkembang surut kita berpantang” itulah motto dari PP.

 

 

 

 

 

 

(toni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *