Tim Gabungan Polisi Bekuk Pencuri Sapi

Berita Terbaru Berita Utama Majene

Mapos, Majene – Tim Gabungan Resmob Polda dan Reskrim Polres Majene bekuk pencuri sapi di sejumlah tempat berbeda.

Kasat Reskrim Polres Majene, AKP Syaiful Insnaini, Sabtu (13/1/2018) mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Resmob Polda Sulbar yang dipimpin oleh AKP M Nur Makmur melakukan penangkapan atas sejumlah orang yang diduga terlibat dalam pencurian sapi di Kecamatan Malunda Kabupaten Majene belum lama ini.

Berdasarkan laporan polisi nomor LP/ B / 02 / I / 2018 /SEK-MALUNDA/ MAJENE, tanggal 09 Januari 2018, tim gabungan kemudian bekuk pelaku pada Rabu 10 Januari sekitar pukul 24.00 Wita.

Menurut Syaiful Isnaini, pelaku Usman alias Kuman (32), pekerjaan tani alamat Salutambung, Kecamatan
Malunda, Kabupaten Majene, Ardi alias Sidang (41), pekerjaan tani, alamat Salutambung, Kecamatan
Malunda Kabupaten Majene dan
Asri alias Papa Ita (45) pekerjaan swasta alamat Kecamatan Malunda Kabupaten Majene berhasil diamankan.

Diceriterakan kronologis penangkapan pelaku. Setelah mendapat informasi bahwa lelaki Usman alias Kuman yang diduga kuat sebagai pelaku pencurian satu ekor sapi milik Pelang dan menggelapkan satu ekor sapi milik Alang yang dititipkan kepada pelaku untuk dipelihara.

“Dua ekor sapi ini kita amankan lebih dahulu, selanjutnya tim melakukan penyelidikan keberadaan pelaku. Dan, Rabu tanggal 10 Januari 2018 sekitar pukul 16.00 Wita tim mendapatkan informasi bahwa keberadaan pelaku di Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju. Tim segera berangkat bersama personel Polsek Malunda dan Polres Majene. Setibanya di Kalukku, tim kemudian melakukan koordinasi dengan Resmob Polres Mamuju dan Polsek Kalukku. Hasilnya, Usman alias Kuman bersama uang hasil penjualan sapi curian ditangkap di rumah keluarganya di Desa Pure, Kecamatan Kalukku sekitar pukul 24.00 Wita,” beber Syaiful Isnaini.

Dihadapan petugas, Usman alias Kuman mengaku, bahwa dirinya melakukan pencurian Sapi bersama Ardi yang diketahui keberadaannya di Kecamatan Tinambung Kabupaten Polman dan bekerja sama dengan Asri alias Papa Ita beralamat di Kecamatan Malunda Kabupaten Majene.

Selanjtnya tim koordinasi dengan Polsek Malunda dan berhasil mengamankan Asri alias Papa Ita di rumahnya Kamis tanggal 11 Januari 2018 sekitar pukul 02.00 Wita.

Kemudian tim bergerak ke Kecamatan Tinambung Kabupaten Polman untuk mencari Ardi.

Setelah tim berkoordinasi dengan Polsek Tinambung, maka pada Jum’at 12 Januari 2018 sekitar pukul 09.30 Wita, tim gabungan berhasil menciduk Ardi alias Sidang tanpa perlawanan.

Dari hasil interogasi petugas,
Usman alias Kuman dan Ardi alias Sidang mengaku bahwa dirinya telah mencuri sapi di Kecamatan Malunda sebanyak delapan ekor di berbagai tempat.

Keduanya juga mengaku bahwa dirinya bersama Ardi melakukan pencurian atas perintah Asri alias Papa Ita.

“Kalau tidak mau menuruti perintahnya (Asri alias Papa Ita red) mereka diancam akan dipukul,” sebut Syaiful

Dari penangkapan ketiga pelaku, polisi berhasil mengamankan dua ekor sapi dan uang sebesar Rp.7 juta yang diduga hasil penjualan sapi curian.

“Kami masih terus mendalami kasus ini. Siapa tahu masih ada tersangka lain,” sebut Syaiful Isnaini.

Ketiganya diancam dengan kurungan diatas tujuh tahun penjara. (marlin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *