Ternyata.. Daun Mangga Bisa Mencegah Penyakit Ini

Beranda Berita Terbaru Berita Utama Kesehatan

 

Foto : Daun Mangga
Foto : Daun Mangga

Mapos. Siapa yang tidak suka mangga? Buah ini memang buah primadona masyarakat Indonesia. Maka tidak aneh kalau banyak yang orang yang menunggu-nunggu datangnya musim mangga.

Buah mangga memang enak, tetapi lagi-lagi kita hanya tahu kalau hanya bagian daging buahnya saja yang bisa dimakan. Padahal, bagian lainnya, seperti daun mangga juga bisa dimanfaatkan sebagai obat beberapa penyakit.

Melansir dari wartamedika.com, daun mangga ternyatan memiliki kemampuan untuk mencegah beragam penyakit, seperti:

1. Hipertensi

Sebenarnya bukan hanya hipertensi, tetapi penyakit lainnya yang disebabkan karena gangguan pada pembuluh darah seperti jantung dan stroke juga bisa dicegah dengan daun buah yang satu ini.

Dau mangga memiliki kemampuan untuk mengatasi beberapa gangguan pada pembuluh darah, seperti penyempitan akibat plak lemak atau kurang elastisnya dinding pembuluh darah, akibatnya penyakit kardiovaskuler bisa dihindari.

2. Diabetes

Kalian tau kan betapa mengerikannya penyakit ini? Jika sudah parah, penyakit ini tidak bisa disembuhkan total sehingga membuat penderitanya harus melakukan diet ketat seumur hidup, ditambah lagi diabetes bisa menyebabkan penyakit komplikasi.

Tapi tenang, dengan air rebusan daun mangga, kadar diabetes bisa diturunkan. Memang sedikit agak lama, tetapi hasil yang didapat akan memuaskan.

3. Kulit berjerawat

Daun mangga sangat kaya akan antioksidan. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, daun mangga juga bisa dimanfaatkan sebagai pembasmi jerawat. Selain itu, juga bisa menghilangkan flek hitam dan tanda penuaan lainnya.

Caranya dengan mencampurkan daun mangga halus yang telah dikeringkan dengan yogurt untuk dipakai sebagai masker. Lakukan setiap malam untuk hasil yang maksimal.

4. Gangguan pernapasan

Perkembangan industri yang sangat pesat telah membawa pengaruh buruk bagi kualitas udara. Akibatnya, banyak orang yang mengeluh mengalami gangguan pada pernapasannya, bahkan untuk usia yang tidak wajar sekalipun. Untuk mengurangi efek buruknya, kamu bisa menggunakan daun mangga.

Air rebusan daun mangga sudah lebih dari cukup untuk menyelesaikan beragam persoalan pernapasan, sekaligus dapat membuat paru-paru lebih tahan dari paparan polusi yang lebih berbahaya lagi.

(*)

(Sumber : klikdokter.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *