Temu Tokoh Agama, Generasi Muda Antar Umat Beragama

Adventorial

Mapos, Mamuju – Kesbagpol Sulbar menggelar temu tokoh agama, generasi muda antar umat beragama di Hotel Berkah Mamuju, Rabu (10/10/2018). Kegiatan ini bertemakan Pemberdayaan Umat Beragama Dalam Membangun Kerukunan, Berbangsa dan Bernegara Serta Meningkatkan Keamanan dan Ketertiban Menuju Masyarakat yang Malaqbi.

Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Sulbar, HM. Natsir, mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut penting dan strategis terutama dalam rangka menemukan cara efektif untuk mengelola kemajemukan dan keanekaragaman latar belakang kultur masyarakat.

“Sulbar adalah daerah yang majemuk. Ini terbukti dengan adanya perbedaan status sosial budaya dan agama. Perbedaan status sosial terjadi secara alamiah dan tidak ada seorangpun yang mampu menolaknya. Perbedaan, menjadi aset bangsa dalam rangka mempermudah tercapainya tujuan bersama. Bukan sebagai faktor penghalang terjadinya integrasi masyarakat,” tuturnya.

Ada tiga hal pokok yang dihimbaukan oleh Natsir. Pertama, memupuk saling pengertian dengan lebih memanfaatkan dan mengefektifkan saluran komunikasi antar pemuka agama yang sudah ada. Baik dalam bentuk forum maupun lainnya. Kedua, menggali dan melestarikan berbagai unsur tradisi dan pranata lokal termasuk nirma dan adat istiadat yang bermanfaat. Agar lebih efektif dalam mendukung kerukunan masyarakat lokal. Ketiga, mengundang partisipasi semua kelompok dan lapisan masyarakat sesuai dengan potensi dan kapasitasnya masing-masing.

Berikut beberapa potret kegiatannya :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(*)

 

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.