Tangkap Pencuri dan Penandah Motor Curian, Polisi Amankan 20 Unit Sepeda Motor

Hukum

Mapos, Mamuju – Satuan Dit Resort Kriminal (Satreskrim) Polda Sulbar, Reskrim Polres Matra dan Polsek Kalukku Polres Metro Mamuju berhasil membongkar sindikat pencurian kenderaan bermotor (curanmor) yang beroperasi di wilayah hukum Polda Sulbar.

Selain mengamankan sejumlah barang bukti, polisi juga sukses meringkus tiga tersangka, masing-masing berperan sebagai pelaku pencurian dan penadah.

Kapolda Sulbar Brigjen Pol Baharuddin Djafar menjelaskan, tiga tersangka yang berhasil ditangkap adalah, Hamsah alias Anca (34), asal Kalukku, Mamuju dan Lukman Sardi (32), asal Beru-beru, Kalukku, Lukman Kuma (32) asal Beru-beru, Kalukku

Hamsah yang merupakan residivis kasus penadahan, kini kembali diamankan juga dengan dugaan sebagai sebagi pencuri motor.

Sedangkan, Lukman Sardi dan Lukman Kuma adalah pemain baru sebagai penadah, keduanya ditangkap atas dugaan sebagai anggota sindikat curanmor.

Kapolda memaparkan, dalam beberapa bulan ini, pihaknya mendapatkan beberapa laporan polisi (LP) terkait kehilangan sepmor di wilayah hukum Polda Sulbar.

Berdasarkan laporan tersebut, terang Kapolda, maka pihaknya pun terus bekerja untuk mengungkap kasus curanmor itu.

“Kami akhirnya berhasil melacak keberadaan sepmor yang diduga hasil curian pada pelaku Hamsah, sehingga ketiganya bersama barang bukti sepmor curian itu langsung kita tangkap,” jelas jenderal bintang satu ini.

Selanjutnya, beber dia, tim gabungan terus melakukan pengembangan, sehingga diketahui kalau Lukman Sardi dan Lukman Kima membeli sepmor curian tersebut dari Hamsah alias Anca.
Maka, tim Opsnal Satreskrim pun bergerak cepat dan berhasil meringkus ketiganya.

“Berdasarkan pengakuan Hamsah, dia diduga melakukan serangkaian aksinya bersama dua temannya, ketiganya sekarang ini sudah menjadi tahanan Polsek Kalukku.

Di samping itu, Hamsah juga mengakui kalau sepmor itu sempat dijual kepada kedua tersangka penadah,” kata Kapolda.

Sementara itu, sebanyak 20 unit sepeda motor (sepmor) yang diamankan di Polsek Kalukku setempat, hingga sekarang belum diketahui siapa pemiliknya.

Oleh sebab itu, pihak kepolisian mengimbau, bagi masyarakat yang merasa pernah kehilangan sepmor, dipersilahkan datang ke Polsek Kalukku untuk melihat barang bukti yang diamankan.

“Bila mampu menunjukkan bukti kepemilikan, silahkan bawa pulang dan dipastikan tidak akan dipungut biaya apa pun,” ujar Kapolda.

Dia menerangkan, seluruh sepmor tersebut merupakan hasil temuan pihaknya dalam dua hari terakhir.

”Bila ada yang yakin itu adalah sepmornya, maka silahkan bawa BPKP dan identitas kendaraan lainnya. Sekali lagi kami jamin, sepmor bisa dibawa pulang dan tidak akan kami pungut biaya apa pun,” pungkasnya.

Motor hasil curanmor.

Berikut rincian motor hasil sitaan Polda Sulbar yang didapat dari tiga kabupaten di wilayah hukum Polda Sulbar :

1. Polres Mamuju 3 unit
2. Polres Mateng 9 unit
3. Polres Matra 8 unit

(usman)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.