Tanggul Jebol, Ratusan Warga Mengungsi

Peristiwa

Mapos, Pasangkayu – Ratusan penduduk di Dusun Kalindu, Desa Lariang, Kecamatan Tikke Raya, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat mengungsi. Hal ini disebabkan tanggul sungai Lariang jebol akibat tensi curah hujan yang tinggi.

Jebolnya tanggul di di Dusun Kalindu, Desa Lariang, Kecamatan Tikke Raya, Kabupaten Pasangkayu ini karena tanggul yang dibangun oleh Balai Sungai Wilayah III Sulteng tidak mampu menopang debet air hujan.

Warga mengungsi.

Akibatnya ratusan penduduk yang berada di dusun itu harus diungsikan karena luapan air dan material banjir sudah menerjang dan masuk ke rumah mereka yang berada di sepanjang bantaran Sungai Lariang.

Ketua RT Dusun Kalindu, Ridwan menyatakan ratusan jiwa dari puluhan Kepala Keluarga (KK) penduduk Desa Lariang, Kecamatan Tikke terpaksa harus diungsikan ke tempat yang lebih aman.

“Mereka diungsikan karena dikuatirkan perkampungan Kalindu tenggelam. Sementara jalur keluar dari perkampungan terancam putus,” tutur Ridwan.

Luapan air sungai Lariang.

Tak hanya itu, jebolnya tanggul juga merendam ribuan hektar lahan perkebunan dan tambak warga. Namun hingga kini belum ada upaya perbaikan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah.

(joni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *