Tanam Bawang Sekarang, Miliaran Rupiah Menanti

Majene

Mapos, Majene – Berkat kerja keras Bupati Majene Fahmi Massiara yang melobi ke pusat sehingga Majene mendapat bantuan melalui Anggaran Pendaparan dan Belanja Negara (APBN) berupa 70 ton bawang.

Jika ini dikelola secara baik, maka diasumsikan dalam panen mendatang akan diperolah sebanyak 770 ton bawang. Berarti uang yang masuk ke Kabupaten Majene sekita Rp23 milliar. Uang sebesar ini dapat mengurangi permasalahan perekonomian di masyarakat.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan (Distanakbun) Kabupaten Majene Burhan saat tanam perdana bawang merah oleh kelompok tani Bunga Harapan Rabu (17/5/2018) di Lingkungan Buttu Waikaca Kelurahan Baruga Dhua, Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene.

Menurut Burhan, penanaman perdana bawang merah dengan sumber dana¬† APBN ini sudah lama direncanakan. “Hanya saja terkendala oleh banyaknya kegiatan lain,” katanya.

Sementara pada tempat yang sama, Bupati Majene Fahmi Massiara menyebut, penanaman bawang di diperbukitan Gunung Puawang tak lain untuk menstabilkan harga bawang dipasar yang cenderung meningkat belakangan.

“Mari kita bahu membahu untuk menyukseskan program Upsus di Kabupaten Majene. Kepada Babinsa, PPL mari kita bekerja keras dan lebih giat dilapangan mendampingi petani-petani kita dilapangan untuk meningkatkan produksi mereka,” ajak Fahmi.

Lebih jauh kata dia, tidak ada lagi Lahan-lahan tidur yang menganggur dan yang tidak digarap. “Maksudnya, agar para petani segera mengolah lahan itu dengan didampingi oleh Babinsa dan PPL,” ujar Fahmi.

Fahmi berharap Upsus dengan melibatkan TNI ini dapat berkesinambungan demi peningkatan kesejahteraan rakyat.

Turut hadir dalam acara itu Dandim 1401/Majene Letkol Inf Rahman, Kadistanakbun Prov Sulbar. Ir Tanawali, Kepala Bank BI sulbar diwakili manager UN. Rizki satya Pradana, Kabulog diwakili Kepala Gudang Bulog Majene Sujadi, para Kabid Distanakbun Kabupaten Majene, para anggota Babinsa Koramil 140-01 Banggae serta para Poktan dan anggota Poktan Bunga Harapan.

(ipunk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *