Sosialisasi Kamtibmas di Tapalang Barat, Begini Harapan Polisi

Mamuju

Mapos, Mamuju¬†–¬†Sosialiasai kamtibmas yang digelar di Kantor Desa Pasa’bu, Tapalang Barat, Kabupaten Mamuju berjalan aman dan tertib.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan oleh Pemerintah desa Pasa’bu bekerjasama dengan Polsek Tapalang dari Binmas.

Sosialisasi itu turut dihadiri, Camat Tapalang Barat, Kepala Desa Pasa’bu, Danramil 1418-02 Tapalang, Kapolsek Tapalang, Kepala Dusun se-desa Pasa’bu, Toga, Toda dan Tomas Pasa’bu, Mahasiswa KKN UNM dan para undangan.

Dalam sambutannya, Kapolsek Tapalang yang diwakili, Kanit Intelkam Polsek Tapalang, Bripka Burhan Umar menjelaskan, keamanan dijadikan sebagai kebutuhan bagi semua masyarakat.

Menurutnya, dalam menjaga keamanan, tidak hanya dibebankan kepada Polri saja, namun perlu adanya peran serta masyarakat dan pemerintah.

“Jika ini dapat dicapai, niscaya keamanan di masyarakat dapat terwujud dan terselenggara dengan baik,” ujarnya. Kamis (25/10/2018).

Dia mengatakan, guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman, tentram dan damai di masyarakat, Polri terus mendorong dan menggandeng segenap masyarakat dan pemerintah dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di tengah-tengah masyarakat.

Dia berpesan, agar para kepala dusun untuk lebih aktif melakukan pendataan terhadap masyarakat pendatang.

Menurutnya, pendataan terhadap masyarakat pendatang di wilayah Tapalang mesti dilakukan demi terjaganya situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Tapalang.

“Jangan kita mengharapkan masyarakat yang datang untuk melaporkan diri, justru kita yang harus lebih aktif mendatangi masyarakat. Kita adalah pelayan masyarakat,” imbuhnya.

Burhan juga mengingatkan, sebelum melaksanakan penertiban terhadap masyarakat, terlebih dahulu para aparat desa harus tertib hukum.

“Harus dimulai dulu dari aparat desa kemudian ke masyarakat. Bagaimana kita akan menjaga kamtibmas kalau aparat desanya saja tidak tertib hukum,” terangnya.

foto/istimewa

“Jadi harus dimulai dari aparat desa untuk memberikan contoh yang baik kemudian ke masyarakatnya,” kuncinya.

(usman)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.