Sejumlah Investor Ingin Masuk Majene

Majene

Mapos, Makassar – Sejumlah investor asing maupun investor lokal ingin masuk ke Kabupaten Majene untuk mengelola sumber daya angin menjadi listrik.

Hal ini terungkap di seminar energi terbarukan Australia – Indonesia di hotel Four Points by Sheraton Makassar Senin (26/3/2018).

Menurut Kasubag Protokoler Sekretariat Pemkab Majene Sufyan Ilbas, Bupati Majene H. Fahmi Massiara yang tengah mengikuti acara dimaksud membahas secara khusus keperluan pembangunan energi di Indonesia Bagian Timur dan peranan apa yang dapat dimainkan oleh perusahaan dan para ahli energi terbarukan bekerja sama dengan Indonesia untuk menyumbang kepada pembangunan suplay energi, khususnya di daerah-daerah terpencil yang belum terjangkau oleh jaringan listrik negara.

Tercatat dalam pertemuan itu ada tiga investor yang menyatakan minta secara langsung kepada bupati Majene diantaranya, PT Asia Civil Indonesia, PT Windsat Indonesia dan PT Mitra Teknologi Indonesia.

Sementara untuk kondisi eksisting saat ini, kata Sufyan Ilbas sudah ada investor yang sudah melakukan tahap persiapan pengelolaan, yaitu pihak Akuo Energi Indonesia yang merupakan anak perusahaan pengelola energi dari Paris – Francis.

“Bupati Majene menerima berbagai tawaran dari investor Australia maupun investor lokal untuk mengolah potensi sumber daya angin menjadi energi listrik,” terang Sufyan Ilbas.

PT. Akuo Energi Indonesia sendiri merencanakan pembangunan 30 unit turbin dengan kapasitas produksi listrik sebesar 60-70 Mwp pada lokasi seluas 40-50 Ha di kawasan Buttu Pipattoang perbatasan Kecamatan Banggae dengan Kecamatan Pamboang.

Lebih jauh Sufyan Ilbas mengatakan, bupati Majene mengapresiasi positif atas berbagai tawaran investor yg masuk. “Saat dikonfirmasi beliau menyatakan akan terus membuka komunikasi. Pihak yang paling cepat action di lapangan dan paling menguntungkan dari sisi ekonomi dan penyediaan listrik bagi masyarakat yang akan ditindaklanjuti perizinannya oleh pemerintah daerah Majene,” sebut Sufyan Ilbas.

Turut sebagai pembicara utama dalam seminar, Menteri Pertambangan dan Perminyakan, Perdagangan, Hubungan Asia dan Pemerintah Western Australia, Yang Mulia Bill Johnston, MLA, – Para ahli akademisi dan peneliti, – Para pengusaha Australia yang sudah berpengalaman menyuplai listrik terbarukan ke daerah-daerag terpencil di Australia.

(ipunk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *