Satelit Telkom I Tak Bisa Di Oprasikan Lagi

Beranda Berita Terbaru Berita Utama Nasional

satelitMapos. Jakarta – Direktur Utama PT Telkom Alex J Sinaga mengatakan Satelit Telkom 1 yang mengalami gangguan sejak Jumat (25/08/2017) tidak dapat dioperasikan kembali.

“Hasil terkini dari investigasi yang dilakukan secara intensif oleh Telkom bersama Lockheed Martin, selaku pabrikan Satelit Telkom 1, menyatakan bahwa satelit itu tidak dapat dioperasikan kembali,” ujar Alex di Kantor Kemkominfo, Jakarta, Rabu (30/08/2017).

Ia menjelaskan berdasarkan analisis mendalam diketahui bahwa satelit tersebut sudah tidak berfungsi normal, sehingga pihak Lockheed Martin merekomendasikan agar dilakukan proses shut down untuk Satelit Telkom 1.

“Ini dilakukan juga untuk menghindari interferensi dengan satelit lain,” tutur dia.

Alex menambahkan hingga Rabu pagi, perkembangan pemulihan Satelit Telkom 1 untuk penyediaan transponder satelit pengganti telah mencapai 100 persen, sesuai target yang telah direncanakan.

“Kemudian pointing ground station telah dipulihkan 2.824 ground station, diantaranya 2.591 yang merupakan layanan ATM. Proses ini akan terus dilakukan bertahap hingga 10 September 2017 dengan kecepatan recovery site mencapai 1.000 site per hari yang didukung oleh 1.000 tenaga,” jelasnya.

Total pelanggan Satelit Telkom 1, lanjut dia, tercatat sebanyak 63 pelanggan dengan alokasi 29,26 Transponder Equivalen (TPE) dan jumlah site mencapai lebih dari 15.000 site.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *