Rosmini Mukhtar: Posyandu Adalah Ujung Tombak Pemantauan Kesehatan Ibu dan Anak

Kesehatan

Mapos, Mateng¬†–¬†Kekompakan. Begitulah yang terlihat di Desa Karossa, Mamuju Tengah. Pada Sabtu (13/10/2018), tepatnya di kantor Polsek Karossa telah berlangsung penimbangan secara rutin bagi balita dan juga imunisasi. Posyandu tersebut rutin dilaksanakan setiap tanggal 13.

Ibu, anak dan petugas posyandu dari Kemala Bhayangkari ranting Karossa bersama kader posyandu Kecamatan Karossa semuanya berbaur.

Pemimbangan dan pemeriksaan kesehatan bayi serta balita ini dimulai pagi hari dari pukul 08.00 Wita sampai pukul 11.00 Wita. Terlihat semua berjalan lancar.

“Inilah kepedulian dan kebersamaan, untuk ibu dan bayi yang ada di sekitar,” ujar Ketua Bhayangkari ranting Karossa Ny. Rosmini Mukhtar.

Dia mengatakan, berdasarkan prosedur, bayi mulai dari nol bulan sampai sembilan bulan hendaknya dibawa ke Posyandu untuk diberikan imunisasi seperti vaksin Hepatitis, Polio dan Campak. Vaksin yang diberikan pun memiliki tahapan, seperti vaksin Combo untuk bayi berumur 2-3 bulan, campak untuk yang berumur 9 bulan dan lain-lain.

Menurutnya, dalam kegiatan Posyandu salah satunya adalah tentang imunisasi. Sangat terlihat ibu-ibu petugas Posyandu tetap memberikan pelayanannya dengan senang serta tulus hati.

Rosmini Mukhtar mengatakan, agar semua proses pemantaun dapat terkontrol, para ibu yang memiliki bayi dibekali dengan KMS (Kartu Menuju Sehat) dan juga buku kesehatan Ibu dan Anak.

“Kedua buku tersebut digunakan untuk memantau perkembangan atau pertumbuhan sang anak. Karena dalam buku ini akan terlihat progress dalam kaitannya berat badan anak dari bulan ke bulan,” kata Rosmini.

Sebagaimana tertulis, lanjut Rosmini, kegiatan penimbangan di Posyandu merupakan salah satu dari sekian yang ada dalam program Gerakan Nasional Pemantau Tumbuh Kembang Anak, yaitu :

Timbang bayi dan anak balita setiap bulan di Posyandu

Umur 0-6 bulan berikan hanya ASI

Mulai umur 6 bulan berikan makanan pendamping ASI

Beri Vitamin A setiap 6 bulan, makanan bergizi seimbang dan gunakan garam beryodium

Upayakan bayi mendapat imunisasi lengkap sebelum umur 12 bulan

Hentikan penyalahgunaan dan kejahatan narkoba, hindari rokok, cegah penularan penyakit AIDS

Kehamilan yang sehat dan diinginkan menjadikan ibu melahirkan anak sehat dengan selamat

Eratkan kasih sayang keluarga, untuk menjaga kestabilan emosi anak dan jauhkan dari kekerasan terhadap anak perempuan

Mantapkan kehidupan beragama dan budi pekerti luhur pada anak sejak dalam kandungan

Beri kesempatan belajar dan bermain pada anak sejak usia dini sesuai tumbuh kembangnya

Awasi dan perihara kesehatan anak, jika anak sakit segera berobat ke petugas kesehatan

Norma keluarga kecil, bahagia dan sejahtera mendukung terciptanya generasi yang cerdas dan tangguh

Gaya hidup bersih dan lingkungan sehat merupakan modal dasar anak dan keluarga sehat

Rosmini menjelaskan, berbicara tentang Posyandu yang merupakan penyentuh akar rumput di masyarakat, perlu kerjasama yang solid.

Hal ini terlihat dari semangat ibu-ibu yang dengan ikhlas membantu para orang tua, memantau tumbuh kembang anak yang notabene akan menjadi generasi penerus bangsa.

“Jika anak sejak bayi terus berkembang baik, sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, maka masa depan pun akan cerah,” terangnya.

Menurut Rosmini, seluruh kegiatan dibackup dengan gotong royong karena Posyandu adalah ujung tombak pemantauan kesehatan ibu dan anak.

“Posyandu adalah ujung tombak pemantauan kesehatan ibu dan anak,” kunci Rosmini.

(usman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *