Ratusan Siswa MTs di Mamasa Numpang UNBK di MAN Polman

Pendidikan

Mapos, Polman – Lima sekolah madrasah tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Mamasa terpaksa menumpang pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) ke sekolah lain. Hal itu menyusul terbatasnya jumlah komputer yang mereka miliki serta keterbatasan jaringan internet.

Kondisi tersebut seperti yang terlihat di MTs Al Ishla, MTs DDI Mambi, MTs Saloahom, MTs Uhaidao dan MTs Pammosoang, Kabupaten Mamasa. Sekolah tersebut terpaksa memboyong seluruh siswa kelasnya untuk mengikuti UNBK di MAN Polman.

Ikhsan Ahmadi salah satu pembimbing dan Pengarah UNBK dari Kementerian Agama Kabupaten Polman menjelaskan, secara keseluruhan ada 180 siswa di Kabupaten Mamasa yang mengikuti UNBK di MAN Polman. Minggu (22/4/2018).

Ikhsan menambahkan, penyelenggaraan UNBK tingkat MTs akan dilaksanakan pada hari senin (23/4/2018). Menghadapi pelaksaan ujian tersebut, para siswa sebelumnya telah diberikan pelatihan simulasi pengenalan perangkat dan tata cara pengisian.

Bahkan, sedikitnya telah dilakukan dua kali simulasi pelaksanaan UNBK. Diharapkan, para siswa tidak merasa canggung saat mengerjakan soal-soal UN dalam media komputer.

“Saya juga sudah minta ke sekolah untuk membina mental siswa agar secara psikologi mereka siap melaksanakan UNBK,” terang Ikhsan.

Siswa siswi MTs sedang diberikan pengarahan UNBK.

Pihak MAN juga telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak agar UNBK berlangsung lancar. Di antaranya berkoordiasi dengan pihak PLN untuk memastikan pasokan listrik aman selama UNBK berlangsung.

(usman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *