Puluhan Pelajar Diajak Berikrar Tertib Lalu-lintas

Polewali

Mapos, Polewali¬†–¬†Memberi pendidikan sejak dini berlalu lintas, puluhan siswa SMAN 1 Polewali berikrar tertib berlalu-lintas. Ikrar disampaikan saat apel Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di halaman SMAN 1 Polewali. Selanjutnya siswa tersebut diajak memberikan pelayanan kepada Masyarakat. Rabu (5/9/2018).

Menggunakan seragam sekolah serta topi ala polisi lalu lintas para siswa juga memperagakan berbagai gerakan yang biasa dilakukan polantas. Seperti mengatur arus lalu lintas, menghentikan kendaraan, meminggirkan hingga memberi arahan pada pelanggar lalu-lintas.

Selain itu, siswa juga mengaku senang dilibatkan dalam Patroli Keamanan Sekolah dibawa arahan Sat Lantas Polres Polman. Mereka menyatakan siap tertib dan melengkapi surat-surat jika berkendara di jalan raya.

Kasat Lantas Polres Polman AKP Suhartono mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan menanamkan kedisiplinan sejak dini para siswa agar lebih tertib saat berkendara. Kegiatan tersebut akan dilakukan secara kontinyu.

“Kita akan terus mendatangi sekolah-sekolah untuk terus memberi pedampingan,” jelas Suhartono.

“Kegiatan ini agar kita lebih sadar berlalu-lintas sejak dini,” lanjutnya.

Selain itu, tambah Suhartono, khusus siswa Patroli Keamanan Sekolah yang terlibatt dalam pengaturan lalu lintas akan diberikan pendampingan di lapangan dan pemahaman tentang tertib berlalu lintas sejak usia dini.

Hal ini dilakukan, agar para pelajar mampu menjadi perpanjangan tangan Polantas dalam mensosialisasikan budaya tertib berlalu lintas sesuai dengan UU No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Patroli Keamanan Sekolah.

“Para pelajar, tentunya juga akan dilibatkan dalam kegiatan sekolah, bertugas mengatur posisi parkir kendaraan didalam sekolah dan membantu bidang kesiswaan sekolah dalam mendata siswa yang terlambat datang ke sekolah,” kuncinya.

(usman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *