Polres Matra Gelar Peringatan Nuzulul Quran

Sulawesi Barat

Mapos, Pasangkayu – Polres Mamuju Utara (Matra) mengadakan peringatan Nuzulul Quran di masjid As-Syifa Polres Matra, Jumat (1/6/2018).

Peringatan Nuzulul quran ini dihadiri Kapolres Matra AKBP Made Ary Pradana, berikut Kabag Ops Matra Kompol Jusmi T, Kasat Sabhara AKP Rahardian Bayu Trisna, Imam Mesjid As-Syifa ustadz Sappe, ustadz Sukri, jajaran personil Polres Matra, Ibu-ibu Bhayangkari Polres Matra serta 20 anak Pesantren Hidayatullah.

Nuzulul Quran Polres Matra.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran beserta artinya oleh ustadz Sappe. Selanjutnya, kegiatan diisi dengan siraman rohani.

Kegiatan Nuzulul Quran ini bertemakan “Dengan Hikmah Ramadhan dan Nuzulul Qur’an Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan serta Peran Polri dan Masyarakat Menuju Keutuhan Polri yang Promoter”

Kapolres Matra AKBP Made Ary Pradana, menambahkan bahwa memahami pengertian Nuzulul Quran adalah peristiwa penting berkaitan dengan turunnya wahyu Allah yang pertama kepada Nabi Muhammad saw. Seperti yang telah kita ketahui bahwa Al-Quran merupakan Firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.

Keberadaannya menjadi mu’jizat bagi umat manusia dan menjadi pedoman atau panduan hidup bagi umat muslim. Hari ini mungkin kita tidak asing dengan berbagai penemuan ilmiah yang sekaligus membenarkan perkataan Al-Quran. Al-Quran adalah sebenar-benarnya kitab yang berasal dari Tuhan Semesta Alam, Yakni Allah Subhanahu Wata’ala.

Keontetikannnya bahkan dijamin sampai hari kiamat dan menurut pakar bahasa Arab bahasa Al-Quran memiliki keindahan yang sangat tinggi sehingga mustahil manusia mampu menandinginya. Hari ini, kitab mana yang masih asli dan tidak mengandung kerancuan di dalamnya kecuali AL-Quran serta tepatnya pada tanggal 17 Ramadhan, peristiwa nuzulul quran berlangsung. serta ketiadaan pertentangan di dalamnya, hal ini semakin menguatkan bahwa Al-Qur’an benar-benar kalam ilahi.

“Sungguh sangat disayangkan bila kita melewatkan peringatan Nuzululquran yang terjadi hanya sekali setiap tahunnya,” kata Kapolres Matra dalam sambutannya‎.

Kapolres Matra mengajak agar dalam kegiatan ini kita jadikan sebagai bahan renungan bersama.

“Dan juga sebagai bahan pelajaran untuk saya sendiri dan rekan-rekan semua apa yang kita kerjakan.

Kapolres Matra berharap, semoga kedepannya, bisa menjadi lebih baik, kerukunan di Polres Matra dapat terus ditingkatkan, saling berkoordinasi, Komunikasi, dan silaturahmi semakin baik serta rasa kekeluargaan pula semakin erat sehingga kita bisa melaksanakan tugas dengan baik dengan penuh rasa tanggung jawab.

ustadz Sukri.

Sementara itu, pada siraman rohaninya, ustadz Sukri menjelaskan, bila kita melaksanakan perintah Allah di bulan ramadhan kita akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, serta ampunan Allah terbuka untuk kita semua.

Ketika ada umat nabi Muhammad berkumpul disebuah majelis maka sepanjang itu pula mereka senantiasa didoakan oleh 2 malaikat sambil membaca kitab suci Al Quran.

Diantara diturunkannya Al Quran yakni pada malam gaib lailatul qadari yang memiliki keutamaan diantaranya, pertama, kelebihan Al-Quran tidak ada satu kitab tumbuh selain Al-Quran yang dibaca oleh ratusan / jutaan umat manusia, dalam 1 hari, minggu, bulan dan tahun yang menyamai Al-Quran, kedua, tidak ada satu kitab selain Al-Quran yang dijaga kemurniannya. Banyak orang yang ingin mengubah Al-Quran namun Allah selalu menjaganya.

Al-Quran tidak hanya semata-mata menjadi bacaan saja tetapi Al-Quran juga harus kita jadikan pedoman untuk kita semua dalam kehidupan sehari-hari.

(usman)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.