Polisi Gerebek Penjual Minuman Oplosan di Polman

Hukum

Mapos, PolmanĀ – Satuan Narkoba Polres Polman menggerebek penjual miras oplosan jenis ballo dan obaya. Jumat (13/4/2018).

Kasat Narkoba Polres Polman, AKP Abdul Kadir Tuhulele, memimpin langsung penggerebekan itu.

“Penggerebekan ini berdasarkan Surat Telegram Dir Resnarkoba Polda Sulbar Nomor : ST/01/IV/2018 tgl 10 April 2018 tentang giat ops terhadap Minuman Oplosan, Minuman Ilegal dan Obaya,” tutur Kapolres Polman AKBP Muhammad Rifai.

Dari lokasi penggerebekan, ditemukan ratusan liter ballo (tuak) dan obaya.

Ia menjelaskan, penggerebekan itu dilakukan dibeberapa tempat diantaranya, di rumah Ibu Sumarni (40), alamat Patoke Keluraha Sulewatang Kecamatan Polewali Mandar (Polman) Kabupaten Polman pada pukul 12.00 Wita dan ditemukan satu jergen 20 liter (ballo), satu jergen 5 liter (ballo), satu gallon air minum 20 liter (ballo).

Selanjutnya di rumah Ancha (35), alamat Sulewatang Kecamatan Polewali Kabupaten Polman dan diamankan 1 galon air minum 20 liter (ballo) sekitar pukul 14.00 Wita.

Selanjutnya, di kedai atau toko milik Ria Alias Mama Afgan (39), alamat jalan Kemakmuran Kecamatan Polewali Kabupaten Polman, diamankan tiga dos kecil obaya jenis komix, sekitar pukul 15.00 Wita.

Selanjutnya, di toko milik Barman (47), alamat jalan Kemakmuran Kecamatan Polewali Kabupaten Polman, diamankan 20 dos kecil obaya jenis komix, 36 kaleng kecil lem fox, pada pukul 15.30 Wita.

“Saat ini keempatnya tengah menjalani proses hukum,” tutur Rifai.

Rifai menjelaskan, kita akan melakukan kordinasi kepada Balai POM Sulbar untuk diuji di lab, serta selanjutnya akan melakukan kordinasi ke Dinas Kesehatan Kabupaten Polman dan Kejaksaan Negeri Polewali.

“Saya akan terus memantau daerah sekitar,” tutur Rifai.

Barang bukti minuman oplosan jenis ballo dan obaya.

Rifai mengatakan, penyitaan minuman oplosan ini sebagaimana dimaksud dalam pasal 98, 196, 197 dan pasal 198 undang-undang no.36 tahun 2009 tentang kesehatan. Dan Perda No 13 Tahun 2006 tentang pengawasan dan pengendalian minuman beralkohol.

(toni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *