Polda Sulbar Buka Pendaftaran Taruna Akpol dan Bintara Tahun Ajaran 2018

Mamuju

Mapos, Mamuju¬†–¬†Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melalui Polda Sulbar membuka pendaftaran Taruna Akademi Kepolisian (Akpol), Bintara dan Tantama Polri tahun ajaran 2018. Polda menyatakan proses seleksi akan diselenggarakan secara transparan dan akuntabel.

Kapolda Sulbar Brigjen Pol Baharuddin Djafar mengatakan, dalam penyelenggaraan pendaftaran ini, Polri akan menerapkan prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis). Bersih artinya tidak ada KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) dan tidak menerima sponsorship, tidak mengubah nilai dan tidak berbisnis rekrutmen.

“Prinsip transparan artinya kita membuka diri terhadap setiap semua pengawasan baik dari internal maupun lembaga eksternal, transparan pada setiap tahapan seleksi dan telah berpedoman pada kode etik,” terang Kapolda. Rabu (4/4/2018).

Lembaga eksternal yang akan mengawasi pendaftaran ini di antaranya, Ombusman Ri Perwakilan Prov Sulbar, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Prov, Sulbar, kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Prov. Sulbar, Kepala dinas komunikasi dan informatika Prov. Sulbar, Kepala UPTD Metrologi Kabupaten Polman, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Cabang Sulbar, Ketua Himputan Psikologi Sulawesi Selatan, Ketua LSM Yasmib (Swadaya Mitra Bangsa).

Dalam pelaksanaan rekrutmen, Polda juga mengedepankan prinsip akuntabel, di mana proses seleksi sebagai suatu sistem tidak bergantung pada kebijakan pejabat, proses dan hasilnya pun dapat dipertanggung jawabkan.

“Prinsip humanis, di mana pendekatan pelayanan, pelakuan calon secara manusiawi, tidak diskriminatif dan berlaku adil,” lanjutnya.

Menurutnya, kegiatan seleksi dimulai dari pendaftaran awal sampai dengan sidang kelulusan sementara oleh panitia pelaksana (masing-masing Polda) yang ditunjuk oleh Kapolda. Kegiatan seleksi dilaksanakan dengan sistem one day service, di mana kegiatan seleksi dilaksanakan dalam 1 hari tanpa jeda waktu dan langsung dikoreksi serta diumumkan.

“Hasil seleksi atau pengumuman kelulusan ditanda tangani oleh panitia pelaksana dan para pengawas internal dan eksternal,” sambungnya.

Kapolda juga mengatakan, perlu di informasikan pada tahun 2018 ini penerimaan taruna Akpol, Bintara, Tantama Polri, dilaksanakan pendaftaran secara online maupun verifikasi sampai dengan waktu seleksi yang singkat dan pelaksanaan pendidikan pembentukan bertempat di Pusat Pendidikan Akpol Semarang Jawa Tengah, Bintara PTU (polisi tugas umum) Polki di SPN Polda Sulsel. Untuk Polwan di Sepolwan Jakarta dan Tamtama Brimob di Pusdik Watukosek Jawa Timur.

Dok. Mapos.com

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi persyaratan umum dan khusus dapat mengakses website resmi www.birosdmpmj.info. Selain itu masyarakat juga bisa datang langsung ke kantor Polsek, Polres dan Polda setempat.

(usman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *