Piliha Mana, Menjaga Kesehatan atau Menjaga Keuangan

Opini

Mapos, BUKAN hal yang umum lagi bahwa kesehatan sangat penting bagi setiap manusia. Dengan tubuh yang sehat tentu saja jiwa akan baik dan pikiran akan seimbang.

Tubuh yang sehat juga mendukung Anda untuk melakukan berbagai kegiatan dan aktivitas tanpa hambatan.

Mengonsumsi makanan dengan nyaman, tidur dengan nyenyak dan tidak perlu ada gangguan seperti obat yang pahit atau bahkan tinggal di rumah sakit. Sayangnya banyak yang menyepelekan pentingnya menjaga kesehatan.

Kesehatan begitu mahal harganya hingga beberapa orang menganggap bahwa sehat sama dengan uang. Lalu, alasan apalagi yang mendasari agar Anda menghargai kesehatan diri sendiri dan keluarga ?

1. Uang Dapat Dicari, Sehat Tidak

Uang bukanlah segalanya, namun faktanya semua membutuhkan uang agar bisa berjalan dengan lancar. Hal ini tidak berlaku pada sehat dan juga sakit. Bagi Anda yang tidak merawat dan menjaga kesehatan, terkadang kemampuan uang untuk menyembuhkan-pun tidak ada gunanya.

Jika sudah terkena penyakit kronis layaknya kanker atau Jantung, perawatan mahal sekalipun hanya bisa menunda kematian atau menghambat bukan menyembuhkan.

Untuk itulah, banyak yang menganggap bahwa uang bisa dicari kemanapun, sedangkan tubuh yang tidak sehat akan sulit kembali menjadi sehat. Mulai sekarang utamakan kesehatan tubuh Anda.

2. Menguras Waktu dan Tenaga

Kesehatan tidak hanya menyita uang saja. Jika sebagian orang kerja keras untuk uang, maka sebagian lainnya mengorbankan waktu dan tenaga untuk bisa sehat.

Sama halnya seperti Anda yang mengejar karir, jika tidak menjaga kesehatan maka Anda akan berbalik mengejar kesembuhan.

Uang dan sehat sama pentingnya, sama menguras waktu dan juga tenaga. Namun karena sehat tidak dapat kembali dan diusahakan dengan mudah ada baiknya dijaga.

3. Pengalihan Biaya

Jika kesehatan terjaga akan ada banyak keuntungan yang didapatkan. Tidak perlu susah-susah harus menyisihkan uang untuk berobat, Anda bisa mengalihkan biaya yang tidak penting untuk mempersiapkan masa tua, uang sekolah, pendidikan anak, atau asuransi di hari tua.

Dengan adanya pengalihan biaya juga tidak perlunya Anda mengupayakan uang dengan jumlah besar. Sehat, tidak akan membutuhkan banyak pengeluaran. Tubuh Anda juga tidak akan direpotkan oleh berbagai penyakit yang menyerang.

4. Rencana Kesehatan Sama dengan Rencana Keuangan

Percaya tidak hidup sehat akan berpengaruh terhadap keuangan Anda ? Jadi, sebenarnya teori ini sudah banyak diterapkan oleh orang lain. Mungkin ada yang mengatakan “itu kan di luar negeri, Indonesia berbeda”. Pendapat ini justru salah besar dan mencerminkan tidak adanya usaha.

Dengan diet dan pola hidup yang sehat, Anda bisa mengonsumsi makanan seperti jagung, ubi, singkong, dan gandum sebagai pengganti nasi.

Sedangkan harga konsumsi Indonesia dalam sekali makan sudah sangat mahal, belum camilan yang justru menumpuk timbunan lemak semakin banyak. Dengan pola hidup yang benar dan menjaga kestabilan tubuh maka keuangan-pun akan ikut stabil.

5. Sehat Menghindari Kemalasan

Uang tidak akan datang begitu saja, semua harus diusahakan dan dikerjakan dengan tekat dan niat. Lalu apa hubungannya dengan sehat ? banyak orang lebih memilih malas-malasan ketimbang semangat melakukan kegiatan seperti bekerja, sekolah atau olahraga.

Padahal dengan semangatnya mengatasi kemalasan maka akan membantu tubuh untuk tetap sehat dan mendukung tubuh tetap bergerak. Malas juga akan membuat Anda semakin miskin dan juga bodoh karena otak yang tidak pernah terasah.

Justru dengan perilaku sehatlah Anda bisa tetap kaya. Mengganti waktu malas Anda dengan mengelilingi sepeda ke kantor setiap paginya mungkin bisa jadi solusi unik.

Kesehatan Juga Penting untuk Dijaga

Hal yang terpenting bukan karena semua membutuhkan uang, melainkan kesehatan yang sama pentingnya dengan uang namun tidak bisa tergantikan oleh uang. Semua orang selalu berharap tetap sehat agar tetap bisa bersama dengan keluarga dan orang yang tercinta.

Ilustrasi.

Rumah sakit atau dokter selalu menjadi tempat atau profesi yang dibenci banyak orang. Jika Anda tidak ingin menghamburkan uang atau mengalami kemiskinan hanya tidak menjaga hidup dengan benar, maka ayo rubah pola hidup Anda menjadi yang lebih sehat.

(fitri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...