Penyucian Diri, Umat Hindu di Mateng Padati Pantai Patulana

Mamuju Tengah

Mapos, MamujuĀ – Umat Hindu di Mamuju Tengah (Mateng) Sulawesi Barat memadati Pantai Patulana, Kecamatan Topoyo, Kabupaten Mateng, Sulawesi Barat. Mereka menggelar upacara Melasti atau penyucian diri yang merupakan rangkaian menyambut Hari Raya Nyepi pada Sabtu, 17 Maret 2018.

Ketua Parisada Hindhu Darhma Indonesia Kota Mateng, I Made Tatang Sugiarta mengatakan kegiatan ini untuk membersihkan diri agar menjadi suci seperti lahir kembali.

“Rangkaian jelang perayaan nyepi. Jadi prosesinya membersihkan diri, kembali suci seperti lahir,” kata I Made, Rabu (14/3/2018).

I Made menambahkan selain manusia disucikan, alam dan simbol wujud Tuhan seperti Dewa juga ikut dibersihkan.

“Bukan hanya manusia, alam dan simbol Tuhan juga kami bersihkan Dewa dan Arca,” singkatnya.

Selain proses pembersihan diri dan wujud Tuhan, kegiatan ini juga diisi dengan rangkaikan tarian dan permainan musik gamelan sebagai simbol suka cita menyambut perayaan Hari Nyepi.

Selain melakukan persembahyangan, juga diadakan pembersihkan benda suci milik Pura, seperti Pralingga atau Pratima Ida Bhatara dan segala kelengkapannya.

Benda-benda tersebut diarak dan diusung mengelilingi desa sebelum menuju ke laut.

“Ini momentum agar kita jauh lebih baik lagi dari sebelumnya. Perbuatan jahat dan kesalahan yang dibuat tidak terulang,” katanya.

(fitri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *