Pemprov Sulbar Sambut Kedatangan Transmigrasi Asal Jatim, Jabar dan NTB

Mamuju

Mapos, Mamuju – Sebanyak 15 KK, dari 41 jiwa transmigrasi asal Jawa Timur (Jatim), Jawa Barat (Jabar) dan Nusa Tenggara Barat (NTB) tiba di Bandara Tampa Padang Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulbar, Rabu (31/10/2018).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 5 KK dari 11 jiwa berasal dari Jatim, 5 KK dari 16 jiwa berasal dari Jabar dan 5 KK dari 14 jiwa berasal dari NTB.

foto Istimewa

Kedatangan mereka disambut Gubernur Sulbar, yang diwakili oleh Asisten II Bidang Pembangunan, Ir. H. Hamzah.

”Dorongan semangat perlu selalu kita berikan bagi para transmigran yang telah memutuskan untuk pindah memperbaiki masa depan melalui program transmigrasi,” kata Hamzah.

Hamzah mengingatkan, ada tiga faktor yang menentukan keberhasilan program transmigrasi. Pertama permukiman transmigrasi harus memenuhi kriteria clear and clean (2C), layak huni, layak usaha, dan layak berkembang (3L). Kedua transmigran yang berkualitas dari aspek kompetensi, mental, dan daya juang.

Terakhir, pembinaan dan pengembangan kapasitas masyarakat transmigran harus sesuai dengan potensi, biofi sik lokasi permukiman, dan kondisi sosial di kawasan transmigrasi.

Warga transmigrasi asal 3 Provinsi.

“Disiplin, jujur, tanggung jawab, dan kerja keras merupakan sifat dan sikap dasar yang harus dimiliki setiap transmigran. Taati aturan, kearifan lokal, serta budaya setempat,” pesan Hamzah.

15 KK tersebut rencananya akan ditempatkan di UPT Rano, Kecamatan Mehalaan, Kabupaten Mamasa.

Di UPT Rano, Pemerintah Provinsi Sulbar melalui Dinas Transmigrasi telah membukakan lahan bagi para transmigrasi sekitar 600 ha.

Masing-masing KK disiapkan 2 hektar lahan, dimana 1 hektar lahan siap pakai dan 1 hektarnya lagi belum.

Kadis Transmigrasi, H. Herdin Ismail.

Sementara Kepala Dinas Transmigrasi Sulbar, H. Herdin Ismail mengatakan, 15 KK peserta transmigran ke Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulbar terdiri dari 41 jiwa. Mereka dari Jatim, Jabar dan NTB.

Herdin mengatakan, 15 KK transmigrasi, akan diberangkatkan ke Kabupaten Mamasa pada esok hari, Kamis (1/11/2018).

“15 KK akan di inapkan di mes Mamasa, yang berada di Simboro, Kabupaten Mamuju,” ujarnya.

Ia mengatakan, dirinya akan mengawal keberangkatan 15 KK ke Mamasa.

“Di UPT Rano nantinya, para transmigran akan disambut oleh Bupati Mamasa serta bergabung dengan ratusan transmigran lainnya, yang ditempatkan secara bertahap di sana. Mereka telah berhasil dalam bercocok tanam,” terangnya.

(usman)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.